Main Article Content

Abstract

Setiap calon guru harus memiliki kemampuan mengajar. Untuk mendapatkan keterampilan tersebut, calon guru harus mencoba untuk mempraktikanya secara langsung selain mempelajari materinya. Dari praktik mengajar yang dilakukan, dibutuhkan refleksi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan agar bisa diketahui kekurangan yang harus diperbaiiki untuk kedepannya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hasil refleksi pelaksanaan peraktik mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar. Dari penelitian ini didapatkan hasil beberapa peserta didik belum memenuhi kriteria baik pada tes tulis. Penelitian ini juga menggunakan  pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada refleksi mahasiswa saat membuka pembelajaran, refleksi mahasiswa terhadap materi pembelajaran, refleksi mahasiswa terhadap media pembelajaran, refleksi mahasiswa terhadap metode dan teknik yang digunakan, refleksi mahasiswa terhadap kegaiatan pembelajaran yang terdiri dari; pengelolaan kelas, alokasi waktu, dan komunikasi guru dengan peserta didik, refleksi terhadap hambatan yang terjadi, dan refleksi terhadap penutupan pembelajaran. Dari hasil refleksi praktik mengajar ini dapat meningkatkan keterampilan mengajar dan mengetahui hambatan apa saja yang terjadi di lapangan. Serta diharapkan dapat bermanfaat untuk calon guru yang akan mengajar bahasa Inggris untuk melakukan pembelajaran yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
Nurjanah, S. Y. N., & Erwin Rahayu Saputra. (2023). Best Practice Praktik Mengajar Bahasa Inggris di Kelas I SDN 2 Sukasenang. Jurnal Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v8i2.3546