Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Andes Safarandes Asmara Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ayu Fitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Nur Lailatul Faizah Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2953

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengambilan subjek dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Siswa kelas IV masing-masing dipilih sebagai subjek berdasarkan kelompok siswa yang berkemampuan pemahaman konsep tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep pada meteri bangun datar persegi, persegi panjang, dan segitiga. Kategori diambil berdasarkan hasil pekerjaan soal tes siswa yang disesuaikan dengan indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematis dari 19 siswa di kelas IV berdasarkan hasil tes yang diperoleh siswa secara keseluruhan terdapat 9 siswa berkemampuan tinggi dengan presentase 47% dan 4 siswa berkemampuan sedang dengan presentase 21% dapat memenuhi indikator menyatakan ulang konsep, indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu, serta indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, sedangkan siswa berkemampuan rendah terdapat 6 siswa dengan presentase 32% hanya memenuhi indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah saja.

Downloads

Published

2022-03-11

How to Cite

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis pada Materi Bangun Datar di Kelas IV Sekolah Dasar . (2022). Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 173-188. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2953