E-modul Interaktif pada Muatan IPA dengan Penguatan Karakter Mandiri Siswa Kelas V SD

Authors

  • Hanim Nurlatifah Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang
  • Tri Murti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v8i2.2353

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini umtuk menghasilkan bahan ajar berupa e-modul interaktif pada muatan IPA dengan penguatan karakter mandiri siswa kelas V SDN 1 Sambitan yang valid, praktis, dan menarik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development dan mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan instrumen wawancara dan angket. Data dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi ahli materi dan bahan ajar sebesar 95%, guru sebagai pengguna sebesar 93,75%. Kepraktisan produk mendapatkan persentase 100%. Rata-rata kemenarikan produk sebesar 98,47% dan penguatan karakter mandiri sebesar 98,75%. Berdasarkan hasil yang diperoleh, e-modul interaktif teruji valid, praktis, dan menarik sehingga bisa dipergunakan dalam proses pembelajaran untuk menguatkan karakter mandiri siswa.

Published

2023-11-02

How to Cite

E-modul Interaktif pada Muatan IPA dengan Penguatan Karakter Mandiri Siswa Kelas V SD . (2023). Jurnal Sekolah Dasar, 8(2). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v8i2.2353