Main Article Content

Abstract

Pada abad 21, kemampuan numerasi sangat penting untuk dikuasai semua kalangan masyarakat. Kemampuan numerasi masyarakat tidak lepas dari kemampuan numerasi guru sebagai tenaga pendidik. Pengetahuan numerasi guru perlu diketahui, sebagai upaya memaksimalkan peran guru dalam pembelajaran numerasi. Alat ukur yang dapat digunakan adalah instrumen tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen Tes Numerasi Guru (TUGU). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data dikumpulkan melalui angket, rating scale, dan tes. Hasil penelitian ini adalah instrumen TUGU untuk mengukur kemampuan numerasi guru SD. Instrumen TUGU dinyatakan layak sebagai instrumen tes karena sudah melalui pengujian konten dan uji empiris. Hasil uji validitas isi menunjukkan indeks Aiken melebihi 0,8, termasuk kategori tinggi. Respon guru menunjukkan skor 4,58, termasuk kategori sangat baik. Uji validitas menunjukkan rata-rata 0,536, termasuk kategori valid. Uji reliabilitas menunjukkan koefisien 0,70, sehingga instrumen dinyatakan reliabel. Uji daya beda menunjukkan skor rata-rata 0,438, yang termasuk kategori sangat baik. Uji tingkat kesukaran menunjukkan skor rata-rata 0,596, termasuk kategori sedang.

Article Details