Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Kelas 1 di SD Muhammadiyah 12 Pamulang

Authors

  • Sri Imawati
  • Vebri Puji Rahayu

DOI:

https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2207

Abstract

Abstrak

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SD Muhammadiyah 12 Pamulang, dimana terdapat beberapa siswa yang masih belum memiliki karakter tanggung jawab. Sedangkan karakter tanggung jawab merupakan salah satu ciri seorang manusia beriman juga bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sikap tanggung jawab pada diri seseorang bermakna ia memiliki keunggulan sikap seperti jujur, disiplin, dan bisa dipercaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara yang guru lakukan untuk pembentukan karakter tanggung jawab kepada siswa, bagaimana hasil setelah dilakukan cara tersebut, dan apa saja hambatan yang terdapat dalam proses pembentukan karakter tanggung jawab melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sebagai informan peneliti menggunakan 8 orang narasumber sesuai kriteria yang telah ditentukan. Analisis data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu membentuk karakter tanggung jawab kepada siswa melalui ekstrakurikuler Hizbul Wathan. Dengan mencontohkan pembiasaan yang positif seperti ketika kegiatan ekstrakurikuler Hizbul Wathan Pembina (guru) melakukan operasi semut, kegiatan Hizbul Wathan (HW) berbagi, dan dalam kegiatan pembelajaran akademik siswa sudah dibiasakan untuk bergantian memimpin doa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat kepada pihak-pihak terkait yang memanfaatkan seperti siswa, pembina ekstrakurikuler, sekolah maupun peneliti selanjutnya.

 

Abstract

This thesis research is motivated by a phenomenon that occurs in SD Muhammadiyah 12 Pamulang, where there are some students who still do not have the character of responsibility. While the character of responsibility is one of the characteristics of a man of faith who is also devoted to God Almighty. The attitude of responsibility in a person means that he has the advantages of attitudes such as honesty, discipline, and trustworthiness. The purpose of this study was to find out how the teacher did to form the character of responsibility to students, how the results were after doing this method, and what were the obstacles in the process of forming the character of responsibility through Hizbul Wathan extracurricular. The method used in this research is qualitative with a case study approach. As an informant, the researcher used 8 resource persons according to predetermined criteria. Data analysis through observation, interviews and documentation. The results showed that the teacher was able to form the character of responsibility to students through Hizbul Wathan extracurricular. By exemplifying positive habits such as when Hizbul Wathan Pembina (teachers) extracurricular activities carry out ant operations, Hizbul Wathan (HW) activities share, and in academic learning activities students are accustomed to taking turns leading prayers. The results of this study are expected to be useful to related parties who use it such as students, extracurricular coaches, schools and further researchers.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Melalui Ekstrakurikuler Hizbul Wathan Kelas 1 di SD Muhammadiyah 12 Pamulang . (2022). Jurnal Sekolah Dasar, 7(2), 140-145. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i2.2207