Main Article Content

Abstract

Abstrak


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang gaya kepemimpinan guru yang ada di dalam kelas dan juga diharapkan guru dapat memimpin siswa sesuai dengan fungsi kepemimpinan yang berkaitan dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Gaya kepemimpinan guru di dalam kelas mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Guru harus mampu memilah beberapa aspek kepemimpinan yang menunjang proses pembelajarannya karena kepemimpinan guru di kelas berafiliasi dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan. Gaya kepemimpinan guru berkesinambungan dengan keaktifan siswa karena siswa akan aktif apabila kepemimpinan guru di kelas itu menyenangkan mampu membimbing, berkepribadian, serta abadi sepanjang masa.


 


Abstract


This article aims to find out more about the teacher's leadership style in the classroom and it is also hoped that the teacher can lead students according to the leadership function related to the learning objectives to be achieved. The teacher's leadership style in the classroom has different characteristics. Teachers must be able to sort out several aspects of leadership that support the learning process because teacher leadership in the classroom is affiliated with the expected learning objectives. The teacher's leadership style is continuous with the activeness of students because students will be active if the teacher's leadership in the classroom is fun, able to guide, have personality, and is eternal throughout time.

Article Details

How to Cite
Maharani, H. (2022). Gaya Kepemimpinan Guru di Dalam Kelas Terhadap Keaktifan Siswa SD/MI. Jurnal Sekolah Dasar, 7(1), 8 - 19. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v7i1.2041