PENGARUH MEDIA YOUTUBE SALURAN “KOK BISA?” TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PESERTA DIDIK KELAS X SMK YADIKA KALIJATI
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8269Keywords:
Keterampilan Menulis, Teks EksposisiAbstract
Penelitian ini menggunakan media YouTube salah satu media sosial yang populer dan sering digunakan oleh semua kalangan termasuk pelajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keterampilan menulis sebelum dan sesudah, serta ada atau tidaknya pengaruh media YouTube saluran ‘Kok Bisa?” terhadap keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas X berjumlah 71. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah kelas X Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) yang berjumlah 23 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu Pre- Experimental Design dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan yaitu soal tes essay menulis teks eskposisi yang dilakukan dua tahap yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest), dengan uji validitas melalui expert judgment. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji N-Gain. Keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik pada saat pretest memperoleh rata-rata nilai sebesar 46,83, setelah diberikannya perlakuan (treatment) pada saat posttest keterampilan menulis teks eksposisi peserta didik meningkat dengan memperoleh rata-rata nilai sebesar 71,13. Peningkatan rata-rata sebesar 24,30 dengan begitu berarti adanya pengaruh dari media YouTube saluran “Kok Bisa?” terhadap keterampilan menulis teks eskposisi peserta didik kelas X SMK YADIKA Kalijati.