FUNGSI TARI JAIPONG DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER DAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ananda Zulfany STKIP Kabupaten Purwakarta
  • Hilda Taniya STKIP Kabupaten Purwakarta
  • Anggy Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yudi Bachtiar STKIP Kabupaten Purwakarta

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8268

Keywords:

Tari Jaipong, Kedisiplinan, Pengembangan karakter

Abstract

Pengembangan karakter menjadi salah satu fokus utama dalam sistem pendidikan Indonesia untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas akademik, tetapi juga berkarakter baik. Pengembangan karakter melalui seni budaya seperti Tari Jaipong diharapkan dapat menciptakan individu yang disiplin, menghargai budaya, dan memiliki ketahanan diri yang kuat. Tari Jaipong merupakan salah satu tarian tradisional Jawa Barat yang terkenal dengan gerakannya yang energik dan dinamis. Sanggar Sekar Raspati di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta memainkan peran penting dalam pelestarian dan pengembangan Tari Jaipong melalui pelatihan rutin, inovasi koreografi, serta partisipasi dalam berbagai acara budaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Tari Jaipong sebagai bagian dari identitas budaya lokal, serta mengetahui proses pengembangan karakter dan kedisiplinan peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sanggar Sekar Raspati berhasil mengkombinasikan Tari Jaipong dengan elemen tari modern, tanpa menghilangkan identitas tradisionalnya dan peserta didik begitu antusias dan memberikan kesan dan pesan yang menyenangkan, dan menunjukkan bahwa Tari Jaipong berperan penting dalam membangun karakter disiplin, kerja sama, tanggung jawab, serta rasa percaya diri pada peserta didik.

Downloads

Published

2024-12-12

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)