Inovasi Pelayanan pada Dinas Dukcapil Tentang Pindah Datang Penduduk Dari Dalam dan Luar Kabupaten Sumbawa Barat
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5363Keywords:
Pelayanan, Inovasi, Pindah Datang, Penduduk, Dinas DukcapilAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pindah datang warga masyarakat di
Kabupaten Sumbawa Barat, dan Inovasi yang dilakukan oleh Dinas Dukcapil. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pindah datang warga
masyarakat yang dilakukan hanya dengan membawa Kartu Keluarga ke Dinas Dukcapil dapat diproses
langsung untuk mempermudah masyarakat yang tidak bisa kembali ke daerah asalnya untuk mengurus
surat kepindahannya, namun menimbulkan permasalahan baru bagi wilayah yang ditinggalkan termasuk
desa/kelurahan dan kecamatan yang tidak akan pernah mengetaui bahwa ternyata warganya telah pindah
ke daerah lainnya karena tidak ada laporan atau pengantar dari desa/kelurahan sebelumnya. Inovasi
yang dilakukan melalui sebuah aplikasi terbaru E-Office dalam melayani pindah datang warga belum
maksimal dimanfaatkan oleh operator yang ada, dan pelayanan yang diterima oleh masyarakat dalam
mengurus pindah datangnya sudah sangat memuaskan.