Studi Kuantitatif Kemampuan Menulis Deskripsi Siwa Sekolah Dasar Berbantuan Media Video Animasi
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5366Keywords:
Menulis deskripsi, Video animasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap kemampuan menulis
deskripsi siswa kelas V SDIT Cendekia Purwakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDIT Cendekia Purwakarta yang berjumlah
96 orang siswa. Dengan mengambil sample 18% dari anggota populasi maka dapat didapat sample berjumlah
23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik test kemampuan menulis deskripsi, tes yang diberikan
adalah pre-test dan post-test. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan Uji-t. Hasil dari
penelitian ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan media video
animasi dengan yang tidak menggunakan video animasi. Skor rata-rata kemampuan menulis deskripsi siswa
pada saat pretest sebesar 69,29 % sedangkan pada post test skor rata-rata naik menjadi sebesar 81,38 %. Dari
hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media video tayangan si bolan terhadap
kemampuan menulis deskripsi siswa