APLIKASI VIRTUAL PIANO BERBASIS CHROMEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v9i1.8267Keywords:
virtual piano, SBdP, media pembelajaran digitalAbstract
Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) khususnya seni musik di kelas VI yang dilakukan secara konvensional dan kurang interaktif menyebabkan murid tidak antusias, kebosanan pada murid, serta menghambat keterampilan murid dalam mengeksplore konsep yang difahaminya. Aplikasi virtual piano sebagai media pembelajaran pada pelajaran seni musik menjadi solusi bagi sekolah yang tidak memiliki piano secara nyata untuk mengatasi kurangnya motivasi belajar murid dan keterampilan menyanyikan lagu menggunakan alat musik. Best practice ini membahas mengenai aplikasi virtual piano sebagai media pembelajaran berbasis Chromebook terhadap masalah tersebut. Implementasi dimulai dengan penyusunan perangkat pembelajaran, penggunaan dalam proses pembelajaran, dan evaluasi refleksi. Hasil
penggunaan aplikasi virtual piano menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam motivasi belajar, partisipasi aktif dalam pembelajaran, serta pemahaman konsep interval nada yang diaktualisasikan pada lagu. Melalui aplikasi virtual piano, murid terlibat aktif dalam diskusi, berkolaborasi, serta terampil dalam memainkan nada pada sebuah lagu. Dengan terus meningkatkan penggunaan teknologi dalam pendidikan, diharapkan pembelajaran dapat lebih berpihak pada murid, menyenangkan, terlibat, dan efektif bagi murid sesuai dengan konsep merdeka belajar