PENGARUH INTENSITAS ACARA PEMASARAN LINE WEBTOON DAN TERPAAN IKLAN INSTAGRAM @linewebtoon TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOIN PADA APLIKASI LINE WEBTOON

Authors

  • Selwalismana
  • Citra Savitri
  • Syifa Pramudita Faddila

DOI:

https://doi.org/10.36805/s23bsh21

Keywords:

Terpaan iklan Instagram, Keputusan Pembelian, Line webtoon, Event Pemasaran, Komik Digital, Webtoon, Koin

Abstract

Dalam era digital, industri hiburan terus berkembang, termasuk komik digital. Line webtoon menjadi salah satu platform komik digital populer di Indonesia. Line webtoon. Webtoon berdiri di Korea selatan pada tahun 2004. Untuk menikmati fitur-fitur nya, pengguna harus menggunakan koin, yaitu alat tukar khusus yang hanya bisa dipakai di aplikasi line webtoon melalui perangkat iOS ataupun android Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menginvestigasi pengaruh intensitas acara pemasaran line webtoon dan terpaan iklan Instagram line webtoon terhadap keputusan pembelian koin. Gap riset adanya perbedaan antara peneliti terdahulu di variabel X2 yang berpengaruh positif dan negatif terhadap variabel Y. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah pengguna line webtoon dan pengikut Instagram line webtoon, dengan sampel 97 responden yang dipilih melalui teknik non probability sampling dengan purposive sampling. menggunakan rumus lemeslow untuk menentukan sampel yang tidak diketahui seacara pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas event pemasaran dan terpaan iklan memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian, dan keduanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Anastasya Almas Zahra S. (2023). PENGARUH EVENT MARKETING “ERIGO NEW

YORK FASHION WEEK 2022” PADA LIVE STREAMING ERIGO X SHOPEE

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ERIGO X DI MARKETPLACE SHOPEE.

Andri Feriyanto, & Endang Shyta Triana. (2020). MANAJEMEN (Jarwanto, Ed.; 1st ed.).

MEDIATERA.

Arif Fakhrudin, Maria Valeria Roelliyanti, & Awan. (2022). 1. Buku Bauran Pemasaran

(cetakan 1). CV BUDI UTAMA.

Arman Syah. (2021). manajemen pemasaran.

Azzahra Fauzi, E. (2024). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF CONTENT QUALITY,

USER HABITS AND PROMOTIONS ON LINE WEBTOON COIN PURCHASE: CASE

STUDY IN JABODETABEK ANALISIS PENGARUH KUALITAS KONTEN,

KEBIASAAN PENGGUNA DAN PROMOSI PADA PEMBELIAN KOIN LINE

WEBTOON: STUDI KASUS DI JABODETABEK.

Bion. (2023). Pengaruh Terpaan Iklan Kredivo Versi Hidup #sefleksibelitu Terhadap

Pengambilan Keputusan Dalam Bertransaksi Menggunakan Kredivo. Jurnal Ilmu

Komunikasi, 2(4).

BPK RI. (2024). undang-undang republik indonesia nomer 1 tahun 2024.

Fadhil, R. A. (2023). Pengaruh event marketing dan influencer marketing terhadap keputusan

pembelian diamond pada games online mobile legends.

Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul

Aiman, M., & Hasda, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (Nanda

Saputra, Ed.; 1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com

Imam Machalii. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Abdu Qurani Habib, Ed.;

3rd ed.). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lina Maharani, Ati Mustikasari, & Nellyaningsih. (2020). PENGARUH EVENT

MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS: PT

YAMAHA,2020).

Michelle, A. (2020). PENGARUH TERPAAN IKLAN PREVIEW EPISODE MELALUI

APLIKASI LINE WEBTOON INDONESIA TERHADAP MINAT BELI LINE COIN.

Muhammad Jaiz. (2014). Dasar-dasar periklanan (cetakan pertama). Graha Ilmu.

Mutiara Insan, A., Santosa, H. P., & Yusriana, A. (2021). Efektivitas Intensitas Event

Marketing LINE Webtoon dan Terpaan Iklan Produk pada akun Instagram

@linewebtoon.id dalam Keputusan Pembelian Koin di LINE Webtoon.

Nugroho J. Setiadi, Coloma, L., & Koenig, C. (2019). perilaku konsumen (Suwito, Basim

Miler, & Jefri, Eds.; 3rd ed., Vol. 67). PRENAMEDIA GROUP.

https://doi.org/10.1083/jcb.67.2.281

Paramitha Yuwana, S., Samatan, N., Hapsari, R., & Komunikasi, F. I. (2024). PENGARUH

TERPAAN IKLAN BTS MEAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK

(ANALISIS PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @7BTS.UPDATES2) (Vol. 04,

Issue 01).

Prof. Dr. Sugiyono. (2021). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatitif dan R&D (M. Dr. Ir.

Sutopo. S.Pd, Ed.; Cetakan ke tiga). PENERBIT ALFABETA, BANDUNG.

Putri, T. B., Savitri, C., & Fadilla, S. P. (2023). Pengaruh Konten Pemasaran dan E-Wom pada

Media Sosial Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kabupaten

Karawang. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2442–2454.

https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.5305

Putri, V. A., Anwar, A., & Cn, Y. (2023). PENGARUH EVENT MARKETING, HARGA

DAN PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI MOTOR NMAX PADA

YAMAHA LAUTAN TEDUH KEDATON. In Seminar Nasional-Universitas Borobudur

(Vol. 2, Issue 1).

Rofiudin, M., Shabry, M., & Juniarsa, N. (2022). PENGARUH HARGA DAN FITUR

LAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TOKOPEDIA PASCA COVID 19

DI MALANG RAYA. In Jurnal Ilmu-ilmu Sosial (Vol. 19, Issue 2).

Trisnaningtyas, N. (2024). PENGARUH EVENT MARKETING DAN STORE

ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI CHUSEYO

CABANG MALANG (Studi Konsumen Kopi Chuseyo Kota Malang). Neraca Manajemen,

Ekonomi, 8. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359

Waskitawati, C. S., Riyanto, B., & Itasari, A. A. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan di Instagram

dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada

Followers Akun @scarlett.whiteningsolo The Effect of Exposure to Advertising on

Instagram and Word of Mouth on Purchasing Decisions For Scarlett Whitening Products

on Account Followers @scarlett.whiteningsolo.

Waskitawati, C. S., Riyanto, B., & Itasari, A. A. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan di Instagram

dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada

Followers Akun @scarlett.whiteningsolo The Effect of Exposure to Advertising on

Instagram and Word of Mouth on Purchasing Decisions For Scarlett Whitening Products

on Account Followers @scarlett.whiteningsolo.

Wijayanti, T., Savitri, C., Pramudita Faddila, S., Ekonomi dan Bisnis, F., Buana Perjuangan

Karawang, U., & Author, C. (2024). The Influence Of Content Marketing Instagram And

Celebrity Endorsement On Consumer Purchase Intention Bittersweet By Najla (Study On

Instagram Followers Bittersweet By Najla Karawang) Pengaruh Content Marketing

Instagram Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen Bittersweet By

Najla (Studi Pada Followers Instagram Bittersweet By Najla Karawang). In Management

Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 1).

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Wong, F. I., Girsang, L. R. M., & Limarandani, N. P. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan Free Fire

dan Kredibilitas Komunikator Tretan Muslim terhadap Keputusan Pembelian Item Game

Free Fire di Line Open Chat Gamers Indonesia. Journal of Business & Applied

Management, 15(2), 153. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3811

Yusuf, K. K., & Pradekso, T. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan dan Terpaan Konten Celebrity

Endorsement Terhadap Minat Menggunakan Jasa Go-Food (Melalui Brand Attitude).

http://tekno.liputan6.com/read/3057940/fa

Downloads

Published

2025-11-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)