PENGARUH INTENSITAS ACARA PEMASARAN LINE WEBTOON DAN TERPAAN IKLAN INSTAGRAM @linewebtoon TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOIN PADA APLIKASI LINE WEBTOON
DOI:
https://doi.org/10.36805/s23bsh21Keywords:
Terpaan iklan Instagram, Keputusan Pembelian, Line webtoon, Event Pemasaran, Komik Digital, Webtoon, KoinAbstract
Dalam era digital, industri hiburan terus berkembang, termasuk komik digital. Line webtoon menjadi salah satu platform komik digital populer di Indonesia. Line webtoon. Webtoon berdiri di Korea selatan pada tahun 2004. Untuk menikmati fitur-fitur nya, pengguna harus menggunakan koin, yaitu alat tukar khusus yang hanya bisa dipakai di aplikasi line webtoon melalui perangkat iOS ataupun android Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menginvestigasi pengaruh intensitas acara pemasaran line webtoon dan terpaan iklan Instagram line webtoon terhadap keputusan pembelian koin. Gap riset adanya perbedaan antara peneliti terdahulu di variabel X2 yang berpengaruh positif dan negatif terhadap variabel Y. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah pengguna line webtoon dan pengikut Instagram line webtoon, dengan sampel 97 responden yang dipilih melalui teknik non probability sampling dengan purposive sampling. menggunakan rumus lemeslow untuk menentukan sampel yang tidak diketahui seacara pasti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas event pemasaran dan terpaan iklan memiliki hubungan signifikan dengan keputusan pembelian, dan keduanya berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.References
Anastasya Almas Zahra S. (2023). PENGARUH EVENT MARKETING “ERIGO NEW
YORK FASHION WEEK 2022” PADA LIVE STREAMING ERIGO X SHOPEE
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ERIGO X DI MARKETPLACE SHOPEE.
Andri Feriyanto, & Endang Shyta Triana. (2020). MANAJEMEN (Jarwanto, Ed.; 1st ed.).
MEDIATERA.
Arif Fakhrudin, Maria Valeria Roelliyanti, & Awan. (2022). 1. Buku Bauran Pemasaran
(cetakan 1). CV BUDI UTAMA.
Arman Syah. (2021). manajemen pemasaran.
Azzahra Fauzi, E. (2024). ANALYSIS OF THE INFLUENCE OF CONTENT QUALITY,
USER HABITS AND PROMOTIONS ON LINE WEBTOON COIN PURCHASE: CASE
STUDY IN JABODETABEK ANALISIS PENGARUH KUALITAS KONTEN,
KEBIASAAN PENGGUNA DAN PROMOSI PADA PEMBELIAN KOIN LINE
WEBTOON: STUDI KASUS DI JABODETABEK.
Bion. (2023). Pengaruh Terpaan Iklan Kredivo Versi Hidup #sefleksibelitu Terhadap
Pengambilan Keputusan Dalam Bertransaksi Menggunakan Kredivo. Jurnal Ilmu
Komunikasi, 2(4).
BPK RI. (2024). undang-undang republik indonesia nomer 1 tahun 2024.
Fadhil, R. A. (2023). Pengaruh event marketing dan influencer marketing terhadap keputusan
pembelian diamond pada games online mobile legends.
Fadilla, Z., Ketut Ngurah Ardiawan, M., Eka Sari Karimuddin Abdullah, M., Jannah Ummul
Aiman, M., & Hasda, S. (2022). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (Nanda
Saputra, Ed.; 1st ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. http://penerbitzaini.com
Imam Machalii. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF (Abdu Qurani Habib, Ed.;
3rd ed.). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Lina Maharani, Ati Mustikasari, & Nellyaningsih. (2020). PENGARUH EVENT
MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS: PT
YAMAHA,2020).
Michelle, A. (2020). PENGARUH TERPAAN IKLAN PREVIEW EPISODE MELALUI
APLIKASI LINE WEBTOON INDONESIA TERHADAP MINAT BELI LINE COIN.
Muhammad Jaiz. (2014). Dasar-dasar periklanan (cetakan pertama). Graha Ilmu.
Mutiara Insan, A., Santosa, H. P., & Yusriana, A. (2021). Efektivitas Intensitas Event
Marketing LINE Webtoon dan Terpaan Iklan Produk pada akun Instagram
@linewebtoon.id dalam Keputusan Pembelian Koin di LINE Webtoon.
Nugroho J. Setiadi, Coloma, L., & Koenig, C. (2019). perilaku konsumen (Suwito, Basim
Miler, & Jefri, Eds.; 3rd ed., Vol. 67). PRENAMEDIA GROUP.
https://doi.org/10.1083/jcb.67.2.281
Paramitha Yuwana, S., Samatan, N., Hapsari, R., & Komunikasi, F. I. (2024). PENGARUH
TERPAAN IKLAN BTS MEAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK
(ANALISIS PADA FOLLOWERS AKUN INSTAGRAM @7BTS.UPDATES2) (Vol. 04,
Issue 01).
Prof. Dr. Sugiyono. (2021). Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatitif dan R&D (M. Dr. Ir.
Sutopo. S.Pd, Ed.; Cetakan ke tiga). PENERBIT ALFABETA, BANDUNG.
Putri, T. B., Savitri, C., & Fadilla, S. P. (2023). Pengaruh Konten Pemasaran dan E-Wom pada
Media Sosial Tiktok Shop terhadap Keputusan Pembelian Generasi Z di Kabupaten
Karawang. Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6(2), 2442–2454.
https://doi.org/10.47467/alkharaj.v6i2.5305
Putri, V. A., Anwar, A., & Cn, Y. (2023). PENGARUH EVENT MARKETING, HARGA
DAN PENDAPATAN KONSUMEN TERHADAP MINAT BELI MOTOR NMAX PADA
YAMAHA LAUTAN TEDUH KEDATON. In Seminar Nasional-Universitas Borobudur
(Vol. 2, Issue 1).
Rofiudin, M., Shabry, M., & Juniarsa, N. (2022). PENGARUH HARGA DAN FITUR
LAYANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN TOKOPEDIA PASCA COVID 19
DI MALANG RAYA. In Jurnal Ilmu-ilmu Sosial (Vol. 19, Issue 2).
Trisnaningtyas, N. (2024). PENGARUH EVENT MARKETING DAN STORE
ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KOPI CHUSEYO
CABANG MALANG (Studi Konsumen Kopi Chuseyo Kota Malang). Neraca Manajemen,
Ekonomi, 8. https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359
Waskitawati, C. S., Riyanto, B., & Itasari, A. A. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan di Instagram
dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada
Followers Akun @scarlett.whiteningsolo The Effect of Exposure to Advertising on
Instagram and Word of Mouth on Purchasing Decisions For Scarlett Whitening Products
on Account Followers @scarlett.whiteningsolo.
Waskitawati, C. S., Riyanto, B., & Itasari, A. A. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan di Instagram
dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening pada
Followers Akun @scarlett.whiteningsolo The Effect of Exposure to Advertising on
Instagram and Word of Mouth on Purchasing Decisions For Scarlett Whitening Products
on Account Followers @scarlett.whiteningsolo.
Wijayanti, T., Savitri, C., Pramudita Faddila, S., Ekonomi dan Bisnis, F., Buana Perjuangan
Karawang, U., & Author, C. (2024). The Influence Of Content Marketing Instagram And
Celebrity Endorsement On Consumer Purchase Intention Bittersweet By Najla (Study On
Instagram Followers Bittersweet By Najla Karawang) Pengaruh Content Marketing
Instagram Dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli Konsumen Bittersweet By
Najla (Studi Pada Followers Instagram Bittersweet By Najla Karawang). In Management
Studies and Entrepreneurship Journal (Vol. 5, Issue 1).
http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Wong, F. I., Girsang, L. R. M., & Limarandani, N. P. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan Free Fire
dan Kredibilitas Komunikator Tretan Muslim terhadap Keputusan Pembelian Item Game
Free Fire di Line Open Chat Gamers Indonesia. Journal of Business & Applied
Management, 15(2), 153. https://doi.org/10.30813/jbam.v15i2.3811
Yusuf, K. K., & Pradekso, T. (2021). Pengaruh Terpaan Iklan dan Terpaan Konten Celebrity
Endorsement Terhadap Minat Menggunakan Jasa Go-Food (Melalui Brand Attitude).