MODEL ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN RATING DALAM MEMPENGARUHI MINAT BELI PADA MARKETPLACE SHOPEE PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Citra Savitri
  • Robby Fauji

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Rating terhadap Minat Beli pada Marketplace Shoppee pada Masa Pandemi Covid-19. Kemajuan teknologi informasi dan perubahan perilaku konsumen dalam memilih, menentukan dan menggunakan produk dan jasa menjadi salah satu alasan perusahaan untuk terus berkembang. Ketergantungan pada penggunaan internet dan perkembangan bisnis e-commerce di Indonesia terutama pada produk fesyen menjadi peluang untuk terus meningkatkan strategi bisnis yang dimiliki khususnya pada Marketplace Shoppee. Intensitas konsumen dalam penggunaan internet menjadi peluang bagi pebisnis digital untuk terus meningkatkan startegi dalam memasarkan produk dan jasa yang dimiliki.

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif verifikatif dengan analisis data menggunakan Path Analysis dengan teknik pengumpulan data menggunakan data melalui angket dan wawancara yang disebar kepada 189 responden. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa e-wom, rating dan minat beli memiliki kriteria baik berdasarkan rentang skala. Sedangkan analisis verifikatif menyatakan bahwa e-wom memiliki pengaruh secara parsial terhadap minat beli tetapi tidak signifikan sedangkan rating memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat beli. Sedangkan pengaruh simultan antara e-wom dan rating terhadap minat beli signifikan. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi marketplace yang ada di Indonesia untuk mengembangkan pola startegi pemasaran digital yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

KATA KUNCI: e-wom, rating,minat beli, Market Place.

Published
2021-11-15
Section
Articles