PENGARUH BRAND AMBASSADOR “BLACKPINK” DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT BELI DI APLIKASI SHOPEE PADA MAHASISWA MANAJEMEN ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Authors

  • Muhammad Nuch Ghifffary Herawan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Citra Savitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3013

Abstract

Era modern sekarang ini membawa dampak besar bagi perusahaan platform belanja online di
Indonesia, era digital muncul karena adanya perkembangan teknologi yang pesat. Perkembangan
tersebut mempengaruhi proses pemasaran, bagaimana nilai suatu produk disampaikan kepada
konsumen. Penjualan langsung barang dan jasa ini pada umumnya dikenal dengan sebutan ecommerce (perdagangan elektronik). Diantara startup tersebut terdapat e-commerce salah satunya
adalah Shopee. Shopee merupakan e-commerce dengan pengunjung website terbanyak dan paling
diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image
terhadap minat beli. Adapun variabel penelitian ini adalah Brand Ambassador, Brand Image, dan
Minat Beli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, studi pustaka dan kuesioner. Sedangkan analisis yang digunakan adalah
uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t dan uji f dan koefisien
determinasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik slovin yang pada akhirnya
memiliki jumlah sampel 104 responden sesuai dengan perhitungan. Hasil penelitian ini menggunakan
program SPSS 24.0 dengan menggunkan taraf signifikan sebesar 5% atau 0,05. Dengan hasil secara
parsial Brand Ambassador berpengaruh signfikan terhadap minat beli. Secara parsial Brand Image
berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Secara simultan Brand Ambassador dan Brand Image
berpengaruh signfikan terhadap minta beli.

Kata kunci: Brand Ambassador, Brand Image Dan Minat Beli

The modern era now has a big impact on online shopping platform companies in Indonesia,
the digital era has emerged due to the rapid development of technology. These developments affect the
marketing process, how the value of a product is conveyed to consumers. This direct sale of goods and
services is generally known as e-commerce (electronic commerce). Among these startups, there are ecommerce, one of which is Shopee. Shopee is an e-commerce site with the most and most in-demand
website visitors. This study aims to determine the effect of Brand Ambassador and Brand Image on
buying interest. The variables of this research are Brand Ambassador, Brand Image, and Buying
Interest. This study uses quantitative methods using data collection techniques in the form of
interviews, observations, literature studies and questionnaires. While the analysis used is the validity
test, reliability test, classical assumption test, multiple linear regression test, t test and f test and the
coefficient of determination. Sampling in this study used the slovin technique which in the end had a
sample of 104 respondents according to the calculation. The results of this study used the SPSS 24.0
program using a significant level of 5% or 0.05. With the partial results, Brand Ambassador has a
significant effect on Buying Interest. Partially Brand Image has a significant effect on Buying Interest.
Simultaneously, Brand Ambassador and Brand Image have a significant effect on asking to buy.

Keywords: Brand Ambassador, Brand Image, And Buying Interest

Downloads

Published

2022-11-03

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)