PENINGKATAN CITRA UMKM TARUNA TANI AMANAH MELALUI STRATEGI BRANDING (Studi Pada UMKM Taruna Tani Amanah)
Abstract
Citra merek adalah seperangkat ingatan yang ada di benak konsumen mengenai sebuah merek, baik
positif maupun negatif. Salah satu upaya meningkatkan citra merek adalah dengan membuat kemasan
yang menarik. Dengan bentuk kemasan yang menarik maka akan membuat konsumen semakin tertarik
untuk membeli. Selain membuat desain yang menarik, tentunya ada hal lain yang perlu diperhatikan.
Salah satunya adalah masalah lingkungan yang saat ini menjadi permasalahan di seluruh dunia. Pada
penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif menggunakan acuan studi literatur. Salah satu
strategi branding yang dapat meningkatkan citra merek UMKM lokal adalah dengan membuat kemasan
yang menarik. Strategi ini dapat berupa produk yang ramah lingkungan. Dalam hal ini desain plastik
yang digunakan menggunakan bioplastik. Bioplastik adalah salah satu jenis plastik yang hampir
seluruhnya terbuat dari bahan yang dapat diperbaharui. Penerapan strategi branding akan meningkatkan
citra baik UMKM sehingga konsumen akan lebih percaya untuk memilih produk UMKM tersebut.
Desain kemasan merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dalam memasarkan suatu produk
karena desain yang bagus tentu akan lebih menarik konsumen.
Kata kunci: citra merek, UMKM, branding
Brand image is a set of memories that exist in the minds of consumers about a brand, both positive and
negative. One of the efforts to improve brand image is to make attractive packaging. With an attractive
packaging form, it will make consumers more interested in buying. In addition to making an attractive
design, of course there are other things that need to be considered. One of them is the environmental
problem which is currently a worldwide problem. This study uses a qualitative descriptive method using
a literature study as a reference. One of the branding strategies that can improve the brand image of
local MSMEs is to make attractive packaging. This strategy can be in the form of environmentally
friendly products. In this case the plastic design used is bioplastic. Bioplastic is a type of plastic that is
almost entirely made from renewable materials. The application of a branding strategy will improve the
good image of MSMEs so that consumers will have more confidence in choosing these MSME products.
Packaging design is one of the things that must be considered in marketing a product because a good
design will certainly attract consumers.
Keywords: brand image, SMEs, branding