EFEKTIVITAS BAURAN PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PERUSAHAAN PT. LAKSANA LIMA-LIMA (studi pada perumahan Laksana Lima-Lima Residence)
Abstract
Kehadiran properti industri tidak dapat hanya memberikan kontribusi yang signifikan bagi
pembangunan sector perumahan untuk masyarakat huni, tetapi juga berdampak pada pembangunan sector
lainnya. Perumahan laksana lima-lima residence merupakan salah satu produk PT. Laksana Lima-Lima yang
ada di daerah karawang dengan beralamatkan Jln. Curug-Kosambi, Curug, Kecamatan Klari, Kabupaten
Karawang. Selang beberapa lama departemen penjualan atau departemen pemasaran di perumahan laksana limalima melakukan kegiatan promosi dengan metode sebar brosur untuk masyarakat guna untuk mengetahui
informasi mengenai perumaha tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
deskriptif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi literatur. Hasil
penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan sebar brosur dan penjelasan kepada konsumen beli 1 unit akan
mendapatkan hadiah elektronik gratis belum bisa dikatakan efektif karena hasil kegiatan tersebut hanya
meninggkat 50 unit penjualan saja dari target 1000 unit rumah yang akan dibangun, dan setelah kegiatan
tersebut penjualan kembali menurun drastis. Selain itu, ditemukan factor penyebab turunnya penjualan setelah
bauran pemasaran dilakukan dengan metode sebar brosur, penurunan disebabkan oleh permasalahan internal
sehinggal kinerja dari setiap departemen tidak efektif dan efisien, dan ada faktor tambahan lainnya yang menjadi
hambatan perusahaan untuk terus berjalan.
Kata Kunci: Bauran Promosi, efektivitas, Kepuasan Konsumen
The presence of industrial property can not only make a significant contribution to the housing development
sector for the people to live in, but also have an impact on other development sectors. Housing like the five-five
residences is one of the products of PT. Laksana Lima-Lima in the Karawang area with the address Jln. CurugKosambi, Curug, Klari District, Karawang Regency. After a while the sales department or marketing
department in the housing carried out five five promotional activities with the method of distributing brochures
to the public in order to find out information about the housing. The method used in this research is a
descriptive approach and data collection techniques are carried out by means of observation, interviews, and
literature studies. The results show that the implementation of distributing brochures and explanations to
consumers who buy 1 unit will get a free electronic gift cannot be said to be effective because the results of these
activities only increased 50 units of sales from the target of 1000 housing units to be built, and after the activity
again sales decreased drastically. . In addition, it was found that the factors causing the decline after sales of
the marketing mix were carried out using the brochure distribution method, which were caused by internal
problems so that the performance of each department was not effective and efficient, and there were other
additional factors that hindered the company from continuing to run.
Keywords: Promotion Mix, Efectivity, Consumer Satisfaction.