KAJIAN TAKHRIJ HADIS TENTANG PENDIDIKAN
Keywords:
Takhrij, Hadis, PendidikanAbstract
Penelitian hadis itu dilakukan sebagai upaya menghindarkan diri dari pemakaian dalil- dalil hadis yang tidak dapat dipertanggung jawabkan sebagai sesuatu yang berasal dari Rasulullah SAW, ekiranya hadis Nabi hanya berstatus sebagai data sejarah belaka, niscaya penelitian hadis tidaklah begitu penting. Hal itu tampak jelas pada sikap ulama ahli kritik hadis dalam menghadapi kitab sejarah (shiratun-nabi). Kritik yang diajukan ulama hadis terhadap apa yang termuat dalam berbagai kitab-kitab sejarah tidaklah seketat kritik yang mereka ajukan kepada berbagai hadis yang termuat dalam kitab-kitab hadis, khususnya yang berkaitan erat dengan pokok pokok ajaran agama. Pada penelitian ini dikhususkan penelitian hadis tentang pendidikan. Penelitian ini menggunakan studi literature dengan menggunakan pemaparan secara deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan data primer yaitu hadis – hadis tentang pendidikan, yang ke dua data sekunder yang berupa kitab – kitab hadits. Sedangkan analisis datanya menggunakan 1. Mentakhrij hadis, 2. Menyusun keseluruhan sanad, 3. Kritik sanad hadis, 4. Kritik matan hadis, 5. Menyimpulkan kedudukan hadis.Berdasarkan dari hasil penlitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Hasil penelitian menunjukan pada penilaian hadits pertama itu haditsnya di hukumi dhoif karena terdapat perowi hadits yang dhoif yaitu hafs bin sulaiman, hadis kedua soheh karena perowi yang mriwayatkannya tsiqoh,
hadis ketiga ulama berbeda pendapat imam Al bani mengatakan hadisnya soheh, sedangkan Abu Isa mengatakan hadisnya hasan.
References
Abu Daud, 2008, Sunan Abu daud, Bairut: Darul Fiqr.
A.Salam, Bustamin M.Isa, 2015, MetodologiKritikHadis, Jakarta; PT Raja Grafindo Persada.
As Suyuthi, Jalaluddin Abdurrahman, Jami’uas Shaghir FiAhaditsial Basyiruan Nadziru,
Beirut : Darul Fikr.
Ali Mustafa yaqub, 2011, Imam Bukhari dan Metodologi Kritikd alam Ilmu Hadis. Jakarta:
Pustaka Firdaus.
A.Hasan Asy'ariUlama'i, 2002, Normativitas & Historisitas Hadis Sebuah Telaah Tafsir
NabiSaw. Terhadap Kosa kata Al-Qur'an, Bima Sejati Bekerjasama dengan IAIN
M.Syuhudi Ismail, 2010, Penerapan Makna Hadits secara Tekstual dan Kontekstual Jakarta:
Bulan Bintang.
Al Tirmidzi , 2012, Sunan Abu daud, Bairut: Darul Fiqr.
Al Sakhawi, 2010, Maqashid al-Hasanah, Bairut: darul fiqr.
Al Suyuti,2013, Ai Duraral-Muntatsirah fial-Ahadit sal-Musytahirah, Bairut: DarulFiqr.
AI Samhudi, 2010, al-Ghammaz `ala al-Lammaz, Bairut: Darul Fiqr.
Adiy,2005,aI-Kamil fi Dhu’afa Rijal,Bairut: Darul Fiqr. Abu Nu’aim,2013, Akhbar Ashbihan,
Bairut: Darul Fiqr.
Al Khatib al-Baghdadi, 2008, Tarikh Baghdad, Bairut: DarulFiqr.
Al Daiba,2009, al-Rihlah fiThalabal-Tamyizal-Tayyibminal-Khabits, Bairut: Darul Abdal
Barr.
Alfatih Bustamin, M.IsaH.A.Salam, 2004,Metodologi KritikHadis, PT. Raja Grafindo Persada,
Jakarta.
Al-Khubawi, 2007, Durroh Al nsihin, Semarang: toha putra.
AhmadFudhail, 2005,Perempuan diLembaranSuci: Kritik atas Hadits-hadits Sahih,
Yogyakarta: Pilar Religia.
AliMustafaYa‟qub, 2000, Kritik Hadits, Jakarta: Pustaka Firdaus. Bukhori.
, Al jami Al sahih, Dimaskus, Daar Ibnu Katsir.
Badri Khaeruman, 2004, Otentisitas Hadis, PT.1R3emaja Rosda Karya, Bandung, 2004. Fiqr
Al-Ajluni, 20007, Kasyf al-Khafa wa Muzil al-Ilbas, Bairut: Darul Fiqr.
IbnuAl–jawzi, 2018, Kitab Mauduat Alkubro karya imam,PustakaArafah. imam Syajari, 2013,
Al amali Al khomisiyah, Beirut :Daar Al Fikr
Ibnu Majah Abu Abdillah, 2016, Sunan Ibn Majah, Beirut: Dar al-Ihya’ alArabiyah.
Khaeruman,2004,Badri. Sejarah Perkembangan TafsirAl-Qur’an, Pustaka Setia: Bandung.
M.Syuhudi Ismail,1998, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Bulan Bintang,Jakarta.
M.Syuhudi Ismail,2004,Kaidah Kesahihan sanad hadis:TelaahKritisdan Tinjauan dengan
Pendekatan Ilmu Sejarah Jakarta: BulanBintang.
Suryadilaga,dkk, 2010“ Ulumul Hadis”,Yogyakarta: Teras