MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN BERBASIS MUTU

  • Mustajib Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Prim Masrokan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Agus Eko Sujianto Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Haerudin Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Strategi; Manajemen Pemasaran dan Mutu Pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi jasa pemasaran pendidikan berbasis mutu pendidikan transformatif, faktor pendukung dan penghambat, serta dampaknya dalam meningkatkan mutu lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, objek penelitian berlokasi di SMP Islam Plus Al-Hikam Kandangan terkait dengan strategi jasa pemasaran dan pendidikan tranformatif terhadap mutu lembaga pendidikan di SMP Islam Plus Al-Hikam Kandangan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini ialah sumber data primer dan sekunder. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, untuk pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Analisis SWOT manajemen pemasaran jasa pendidikan di SMPI Plus Al-Hikam Kandangan, matriks swot yang paling tepat diterapkan yaitu SO (Strengths and Opportunities) dimana program unggulan, kelengkapan fasilitas, guru yang kompeten dijadikan peluang untuk menarik minat pengguna jasa pendidikan. 2). Strategi manajemen pemasaran jasa pendidikan di SMPI Plus Al-Hikam Kandangan menggunakan getok tular, mengikuti dan mengadakan event-event tertentu, penyebaran brosur, spanduk dan pamflet, serta promosi melalui media sosial yang paling masif dilakukan sekarang ini. 3). Implementasi manajemen pemasaran jasa pendidikan SMPI Plus Al-Hikam Kandangan yang telah diterapkan semenjak didirikan lembaga ini mampu menarik minat masyarakat pengguna jasa pendidikan dengan dibuktikan bahwa gencarnya inovasi pemasaran dari media sosial mampu menambah jumlah siswa setiap tahun ajaran baru dimulai.

References

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: ALFABETA, 2021.
Faizin, Imam. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual
Madrasah.” Madaniyah 7, no. 2 (2017): 261–283.
https://journal.stitpemalang.ac.id/index.php/madaniyah/article/view/75.
Fajar, DF. Nur’aini. Teknik Analisis SWOT. Yogyakarta: QUADRANT, 2016.
Gumiandari, Septi. “Analisis Swot Mutu Evaluasi Pembelajaran.” Jurnal Dinamika
Manajemen Pendidikan (JDMP) 6, no. 1 (2021): 59–69.
Published
2023-11-20
Section
Articles