URGENSI PEMBINAAN KEMAMPUAN BACA AL-QURAN TERHADAP MAHASISWA PERGURUAN TINGGI UMUM MENGHADAPI TANTANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

  • Siti masruroh

Abstract

Abstrak

            Kemajuan teknologi informasi telah banyak merubah pola dalam segala sendi kehidupan, begitupun pembiasaan baca Al-Qur’an pelan-pelan sudah mulai ditinggalkan, oleh generasi muda saat ini memiliki kemampuan mengakses informasi lebih cepat yang berakibat berpengaruh terhadap pola kehidupan. Kemajuan teknologi informasi telah merubah kebiasaan dan pola hidup. Esensi revolusi industry 4.0  adalah revolusi social budaya,dan prilaku .

            Urgensi pembiasaan membaca Al-Qur’an harus dihidupkan kembali karena . realitasnya dilapangan  masih banyak mahasiswa perguruan tinggi umum, kemampuan baca Al-Quran sangat minim.Disinilah tujuan Urgensi pembinaan secara intensif ke pada mahasiswa agar mampu membaca Al-Qur’an  dengan baik  dan benar karena Al-qur’an  sebagai sumber ilmu pengetahuan dan sebagai pedoman  bagi manusia sebagai  standar kehidupan manusia  agar pola kehidupan terarah dengan petunjuk Al-Qur’an.Tujuan penelitian ini adalah sebagai konsekwensi mata kuliah pendidikan agama Islam di Universitas Buana perjuangan karawang sebagai sarana untuk membakali mahasiswa memiliki semangat menjadi generasi Qur’ani yang berakhlakul karimah sesuai petunjuk Al-qur’an.

Kata Kunci  Urgensi,Pembinaan , Intensif, Target, revolusi industry 4.0.

Published
2019-05-01
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)