PERAN PEMBELAJARAN SOSIAL UNTUK ANAK USIA DINI DALAM PENGUATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SD NEGERI 1 TAMELANG

  • Lusiana Rahmatiani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Siti Masruroh Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rahma Dilla Zainuri Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: Keterampilan sosial, Usia Dini, Pembelajaran Sosial

Abstract

Secara deskriptif analisis data, penelitian ini akan dibahas berdasarkan temuan dokumentasi dan observasi lapangan pengelolaan pembelajaran dalam proses pembelajaran sosial bagi siswa usia dini di SD Negeri 1 Tamelang. Keterampilan sosial anak usia dini mengacu pada kapasitas anak untuk bersosialisasi atau terlibat dengan orang lain dalam konteks sosial dengan cara-cara tertentu yang sesuai sambil menghindari perilaku yang akan ditolak oleh lingkungan. Akibatnya, keterampilan sosial di awal kehidupan harus dikembangkan secara ideal untuk pertumbuhan masa depan, karena keterampilan sosial memengaruhi penerimaan siswa dalam kelompok, memungkinkan mereka untuk berkembang lebih jauh. Empati, kerja sama, akuntabilitas, dan daya saing yang sehat adalah semua aspek keterampilan sosial.

References

Abin Syamsuddin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Rosda Karya Remaja.
Cartledge, G dan Milburn. 1992. Teaching Social to Children. New York. Perganon.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung. CV.
Pustaka Setia.
Published
2024-02-27
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>