PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJEHCT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

  • Haerudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Rebi Hadinata Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Bahrul Kami Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh model
pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan proses
pembelajaran PAI siswa kelas IV SDN Adiarsa Barat V. Penelitian ini dilatar belakangi
oleh masih rendahnya keterampilan proses terhadap pembelajaran PAI. Desain
penelitian ini menggunakan Quasi eksperimental design yang digunakan adalah jenis
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SD Negeri Adiarsa Barat V. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IVA
dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB dengan jumlah 25
siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam
penelitian ini adalah randomsampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar soal dan lembar observasi dengan enam indikator
keterampilan proses yaitu, melakukan pengamatan, menafsirkan, mengelompokkan,
meramalkan, melaksanakan percobaan, dan mengkomunikasikan. Pengambilan data
dilakukan dengan memberikan tes sebelum dan sesudah pembelajaran dengan perlakuan.
Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (2-tailed ) adalah 0,000. Karena nilai
signifikansi 0.000 < α = 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan
bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan proses antara siswa yang
mendapat model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan pembelajaran
konvensional.
Kata kunci: Project Based Learning (PjBL), Keterampilan Proses PAI

Published
2022-11-04
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>