PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RESTORAN DAN PENACINGAN AJO KARAWANG BARAT
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i2.353Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan pada pelanggan Restoran dan Pemancingan Ajo Karawang Barat, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan Restoran dan Pemancingan Ajo yang datang selama penelitian berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Restoran dan Pemancingan Ajo – Karawang Barat. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis korelasi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil analisis korelasi kualitas pelayanan dengan kepuasan masyarakat diperoleh nilai korelasi sebesar 0,779. Nilai korelasi tersebut berada pada daerah kuat (0,600 – 0,799 = kuat) dan positif (searah) atau dapat dikatakan bahwa korelasi atau hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan mempunyai tingkat hubungan kuat dan searah (positif). Jika kualitas pelayanan naik maka kepuasan pelanggan akan naik, demikian sebaliknya. Hasil analisis regresi linier model summary diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,779 atau R > 0, artinya bahwa terdapat hubungan kuat (0,600 – 0,799 = kuat) antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pelanggan. Nilai koefisien determinasi (R Square atau R2) sebesar 0,60,70 atau 60,70%. Nilai tersebut menunjukan kemampuan variabel kualitas pelayanan (X) menjelaskan variansi pada variabel kepuasan pelanggan (Y) sebesar 60,70% dan sisanya sebesar 39,30% dipengaruhi oleh faktor lain (e) yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut seperti pemberian kompensasi, budaya organisasi, motivasi kerja, prestasi kerja dan lain-lain. Hasil analisis regresi linier model anova diperoleh nilai signifikansi F sebesar 0,000 (P-value) artinya bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Atau dengan memperhatikan nilai Fhitung (344,754) yang mempunyai nilai lebih besar dari nilai Ftabel (3,89) atau 344,754 > 3,89 yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Hasil analisis regresi linear model coefficients diperoleh persamaan regresi linear ganda yaitu Y = 12,305 + 0,722 X + e. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan PelangganDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Dr. Ir Bob Foster, MM, 2008. Manajemen Ritel. Cetakan kesatu, Penerbit Alfabeta Cv, Bandung.
Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, Dadi Adriana, 2007. Pemasaran Strategik. ANDY, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, 2004. Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Bayumedia Publishing, Malang Jawa Timur.
Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Edisi pertama, Yogyakarta : Andy Offset.
Philips Kotler, 1997. Manajemen Pemasaran, Edisi bahasan Indonesia Jilid 1. By Prentice-Hall, Inc. A Simon & Schuster (asia) Pte. Ltd.
Philips Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Mellenium Jilid 1. By Pearson Education asia Pte. Ltd dan PT. Prenhallindo, Jakarta.
Rambat Lupiyoadi, A. Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Salemba Empat, Jakarta.
Siswoyo Haryono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Badan Penerbit MM UTP, Palembang.
Siswoyo Haryono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Badan Penerbit MM UTP, Edisi Kedua, Palembang.
Siswoyo Haryono. 2007. Statistika Penelitian Manajemen. Program Pascasarjana Magister Manajemen, UTP Palembang.
Soelaiman Sukmalana. 2005. Evaluasi Kinerja. Program PPs UTP.
Steven Schauffer, Ph.D & Tom Pinkerton, Ph.D. 2007. Building Loyal Customers. Prestasi Pustakakarya, Jakarta.
Sri Mulyono, 1998. Statistika Untuk Ekonomi Edisi Revisi. FEUI, Jakarta.
Stephen P. Robbins, 1996. Perilaku Organisasi Jilid Dua. PT. Prenhalindo, Jakarta.
Stoner, Freeman, dan Gilbert terjemahan Sindoro Alexander. 1996. Manajemen. PT Bhuana Ilmu Populer, Jakarta.
Sugiyono, 2002. Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono, 1999. Metode Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy & Anastasia Diana, 2001. Total Quality Manajement (Edisi Revisi). Yogyakarta : Andy Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).