ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v2i1.351Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang. Penelitian ini menggunakan metode koefisien korelasi yang bertujuan untuk mengetahui tingkat hubungan antar variabel. Nilai korelasi secara parsial antara fasilitas akademik dengan kepuasan mahasiswa sebesar 0,503, mempunyai tingkat hubungan sedang dan positif atau searah. Nilai korelasi antara fasilitas akademik dengan kepuasan mahasiswa dengan variabel kontrol layanan akademik, praktikum dan proses akademik sebesar 0,072, mempunyai tingkat hubungan sangat rendah dan positif atau searah. Nilai korelasi secara parsial antara layanan akademik dengan kepuasan mahasiswa sebesar 0,655, mempunyai tingkat hubungan kuat dan positif atau searah. Nilai korelasi antara layanan akademik dengan kepuasan mahasiswa dengan variabel kontrol fasilitas akademik, praktikum dan proses akademik sebesar 0,307, mempunyai tingkat hubungan rendah dan positif atau searah. Nilai korelasi antara praktikum dengan kepuasan mahasiswa secara parsial sebesar 0,625, mempunyai tingkat hubungan kuat dan positif atau searah. Nilai korelasi antara praktikum dengan kepuasan mahasiswa dengan variabel kontrol fasilitas akademik, layanan akademik dan proses akademik sebesar 0,192, mempunyai tingkat hubungan sangat rendah dan positif atau searah. Nilai korelasi antara proses akademik dengan kepuasan mahasiswa secara parsial sebesar 0,583, mempunyai tingkat hubungan sedang dan positif atau searah. nilai korelasi antara proses akademik dengan kepuasan mahasiswa dengan variabel kontrol fasilitas akademik, layanan akademik dan praktikum sebesar 0,205, mempunyai tingkat hubungan rendah dan positif atau searah. Hasil analisis regresi analisis kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa diperoleh nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,724 atau R>0, artinya bahwa terdapat hubungan kuat (0,600 – 0,799 = kuat) antara kualitas pelayanan (fasilitas akademik, layanan akademik, praktikum dan proses akademik) dengan kepuasan mahasiswa. Nilai koefisien determinasi (R Square atau R2) sebesar 0,524 atau 52,40%, Nilai tersebut menunjukan kemampuan variabel kualitas pelayanan (fasilitas akademik, layanan akademik, praktikum dan proses akademik) menjelaskan variansi pada variabel kepuasan mahasiswa sebesar 52,40% dan sisanya sebesar 47,60% dipengaruhi oleh faktor lain (e) yang tidak diikutsertakan dalam penelitian ini. Faktor lain tersebut seperti komunikasi, budaya organisasi, prestasi akademik dan lain-lain. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan MahasiswaDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra, Dadi Adriana, 2007. Pemasaran Strategik. ANDY, Yogyakarta. Fandy Tjiptono, 2004. Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Bayumedia Publishing, Malang Jawa Timur. Indriantoro, Nur, dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE. Yogyakarta. Lupiyoadi, Rambat, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek, Edisi pertama, Yogyakarta : Andy Offset. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. 1985. A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, Vol.49, 4150. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. 1988. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing, Vol.64 No. 1, 12-40. Philips Kotler, 2002. Manajemen Pemasaran, Edisi Mellenium Jilid 1. By Pearson Education asia Pte. Ltd dan PT. Prenhallindo, Jakarta. Siswoyo Haryono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Badan Penerbit MM UTP, Palembang. Siswoyo Haryono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Badan Penerbit MM UTP, Edisi Kedua, Palembang. Siswoyo Haryono. 2007. Statistika Penelitian Manajemen. Program Pascasarjana Magister Manajemen, UTP Palembang. Sugiyono, 2002. Statistika untuk Penelitian. CV. Alfabeta, Bandung. Sugiyono. 2001. Metode Penelitian Bisnis. CV. Alfabeta. Bandung Sugiyono, 1999. Metode Bisnis. CV. Alfabeta, Bandung.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).