PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ICT DI SMK SYEKH-YUSUF TANGERANG KELAS 11

  • Aries Denta Putra Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: ICT, Pembelajaran Bahasa Inggris

Abstract

Jika ingin meningkatkan kualitas pada proses belajar dan mengajar, guru mengaplikasikan ICT (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk memperbarui media pembelajaran yang digunakan di kelas, seperti kelas 11 Bahasa Inggris. Belajar bahasa asing merupakan proses
yang komprehensif di Indonesia. Dalam belajar bahasa inggris banyak permasalahan yang dialami siswa, terutama ketika mereka belajar sepulang sekolah. Oleh karena itu, penggunaan media berbasis TIK dapat membantu menghilangkan gagasan tentang betapa sulitnya bahasa Inggris secara bertahap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa dapat meningkatkan kemahiran bahasa Inggris mereka selama mengikuti kelas bahasa Inggris dengan memanfaatkan materi berbasis ICT di komputer atau perangkat seluler. 35 siswa digunakan sebagai sampel di kelas 11 topik bahasa Inggris untuk penelitian ini, yang menggunakan pendekatan teknik kuantitatif pada tahun 2022–2023. Untuk mencegah bias, informasi akan dikumpulkan melalui survei, wawancara, dan observasi di kelas yang dilakukan oleh dua penilai berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ICT (aplikasi MALL) di kelas bahasa Inggris diterima dengan baik oleh siswa. Temuan penelitian ini memberikan alternatif pengajaran bahasa Inggris berbasis ICT di kelas 11.

References

Al-tabany, Trianto IB. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi anak Usia
Dini TK/RA & Anak kelas awal SD/MI Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta:
Prenadamedia Group.
Barak, M. (2007). Transition from traditional to ICT-enhanced learning environments in
undergraduate chemistry courses. Computers & Education, 48(1), 30-43.
Bidarian, S., & Davoudi, A. M. (2011). A Model for application of ICT in the process of
teaching and learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 29, 1032-1041.
Published
2023-11-24
Section
Articles