EVALUASI PROGRAM BERDASARKAN PENDEKATAN KONSUMEN (PENDEKATAN BERDASARKAN KONSUMEN)

  • Rusman Z Abidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: -

Abstract

Evaluasi program adalah komponen penting dalam menentukan seberapa efektif dan efisien program pendidikan dan pelatihan. Dalam evaluasi, pendekatan orientasi konsumen (Consumer-Oriented Approach) menjadi penting karena fokus pada persepsi, kepuasan, dan hasil peserta sebagai layanan konsumen . Makalah ini membahas langkah-langkah dalam evaluasi program yang berorientasi pada konsumen, kelebihan dan kekurangannya, serta aplikasinya dalam dunia pendidikan dan pelatihan. Pendekatan evaluasi yang berorientasi pada konsumen penting karena fokus pada persepsi, kepuasan, dan hasil yang dirasakan oleh peserta sebagai konsumen jasa. Tulisan ini membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk program evaluasi yang berorientasi pada konsumen, kelebihan dan kekurangannya, serta implementasinya dalam pendidikan dan pelatihan. Evaluasi Awal.

References

Kirkpatrick, D. L. (1996). Evaluasi Pelatihan Program: Tahapan Evaluasi Program
Kirkpatrick. San Francisco: Berrett-Koehler.Scriven, M. (1991). The New Theory of Evaluation. Beverly Hills, CA: Sage
Publications.
Stake, R. E. (2004). Standar, Kebutuhan, dan Evaluasi Pendidikan. Urb
A. Rusdiana, Manajemen Evaluasi Program Pendidikan, Konsep, Prinsip, dan
Aplikasinya di Sekolah/Madrasah, (Bandung: Pustaka Setia, Cet-1, April 2017).Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta: Bumi
Aksara, Edisi ke-2, 2016)
Suharsimi Arikunto & Cepi Safrudin Abdul Jabar, Evaluasi Program Pendidikan,
(Jakarta: Bumi Aksara, 2009)
Published
2023-12-04
Section
Articles