PENGARUH DAYA INGAT DAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI KENAIKAN KELAS III SISWA SEKOLAH DASAR DI PROVINSI BANTEN

Authors

  • Agus Suherman Program Pascasarjana, Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aries Denta Putra Program Pascasarjana, Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Elfa Ridhaswara Program Pascasarjana, Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rusman Zaenal Abidin Program Pascasarjana, Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Rusbiansyah Perdana Kusuman Program Pascasarjana, Doktor Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v8i2.7360

Keywords:

Daya Ingat, Matakognitif, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh daya ingat, dan metakognitif siswa terhadap hasil belajar siswa dengan memperhitungkan pengaruh efek moderasi Hasil Belajar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal. Penelitian dilakukan di sekolah dasar (SD) di Kota Tangerang dengan sampel penelitian sebanyak 353 siswa SD sebagai responden penelitian. Teknik analisis dilakukan secara statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan alat analisis data SPSS versi 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara langsung sikap siswa, metakognitif siswa, dan Hasil Belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari penelitian ini memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan agar mendapatkan solusi dalam upaya meningkatkan prestasi hasil belajar siswa SD di Propinsi Banten.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)