PENGARUH DAYA INGAT DAN METAKOGNITIF DENGAN PRESTASI KENAIKAN KELAS III SISWA SEKOLAH DASAR DI PROVINSI BANTEN
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v8i2.7360Keywords:
Daya Ingat, Matakognitif, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh daya ingat, dan metakognitif siswa terhadap hasil belajar siswa dengan memperhitungkan pengaruh efek moderasi Hasil Belajar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif asosiatif kausal. Penelitian dilakukan di sekolah dasar (SD) di Kota Tangerang dengan sampel penelitian sebanyak 353 siswa SD sebagai responden penelitian. Teknik analisis dilakukan secara statistik deskriptif dan inferensial dengan menggunakan alat analisis data SPSS versi 3.0. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara langsung sikap siswa, metakognitif siswa, dan Hasil Belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Dari penelitian ini memberikan manfaat yang besar bagi dunia pendidikan agar mendapatkan solusi dalam upaya meningkatkan prestasi hasil belajar siswa SD di Propinsi Banten.