ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA RUMAH MAKAN PADANG SEDERHANA KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.369Abstract
ABSTRAK kualitas pelayanan merupakan hal yang penting perhatikan oleh sebuah perusahaan terutama yang bergerak di bidang food service, ketika perusahaan berhasil mengaplikasikan kedua hal tesebut maka akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan yang berujung pada pembelian ulang, sehingga dapat tercapainya tujuan perusahaan yaitu loyalitas dari pelanggan yang berujung pada keuntungan yang diperoleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, menjelaskan dan menganalisis seberapa besar pengaruh dan kualitas pelayanan yang diberikan Rumah Makan Rumah Makan Padang Sederhana Karawang kepada pelanggan terhadap kepuasan pelanggan, Fenomena perkembangan bisnis usaha kuliner pun terjadi pada kota karawang, hal ini terjadi karena adanya faktor-faktor yang mendukung perkembangan bisnis tersebut seperti potensi pasar yang cukup bagus mengingat kota karawang adalah kota yang berkembang dengan banyaknya usaha di kota karawang dan banyaknya masyarakat yang bekerja sebagai pekerja swasta dimana mereka lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan diluar rumah yang cenderung lebih praktis. Selain itu pergeseran gaya hidup masyarakat dimana makanan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan biologis semata, namun juga untuk bersosialisasi maupun beraktualisasi. Karena usaha kuliner saat ini juga menyediakan ruang dimana konsumen dapat berkumpul dengan komunitasnya melalui layanan-layanan yang di sediakan. Dalam rangka menciptakan kepuasan konsumen, perusahaan perlu melakukan usaha pembinaan terhadap langganan, untuk itu perlu adanya tindakan strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan prilaku konsumen tersebut, merupakan hal yang perlu mendapatkan perhatian utama, karena sebuah akan berhubungan langsung dengan kemampuan restoran untuk bersaing dan volume keuntungan yang akan di peroleh. yang dimaksud adalah makanan, maka yang harus di utamakan dari segi kebersihannya, kesegaran makanan, tampilan makanan yang menarik, rasa dan menu dengan banyak variasi, sehingga akan menjadi nilai lebih dan menjadi daya tarik tersendiri di mata konsumenDownloads
References
Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Ke-9. Bandung: Alfabeta Assauri, Sofjan, 2014. Manajemen Pemasaran, Edisi Kesatu, Penerbit : Rajawali Pers, Jakarta Basrah, Saidani, 2012. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Analisis. Bandung : Alfabeta Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung Alfabeta Tjipton, Fandi, 2004, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Bandung : Linda Karya Yamit, Zulian, 2013. Manajemen dan Jasa, Cetakan Keenam, Yogyakarta : Ekonisia Sugiyono, 2008, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung
Alfabeta
Tjipton, Fandi, 2004, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Bandung : Linda Karya
Yamit, Zulian, 2013. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Cetakan Keenam,
Yogyakarta : Ekonisia
Rangkuti, Freddy, 2002. Riset Pemasaran, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Riduwan dan Achmad Kuncoro. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path
Analisis. Bandung : Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).