KAJIAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KULINER: TINJAUAN PADA UMKM GONZE CIANJUR JAWA BARAT DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dexi Triadinda Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/manajemen.v8i1.2961

Abstract

ABSTRAK

 

Secara budaya kuliner menggambarkan identitas lokal suatu pendukung budaya yang mencirikan lingkungan dan kebiasaan yang akrab disebut sebagai kearifan lokal. Salah satu sumber daya alam yang terdapat di Indonesia berupa aneka ragam tanaman yang memiliki beragam manfaat salah satunya adalah bunga kecombrang. Bunga kecombrang/ Honje ini memiliki manfaat gizi yang menciptakan ide kreasi dan inovasi pangan berupa Sambal Gonze, Pickles Elatior (acar kecombrang), Abon Gonze, Tiktuk Gonze, dan Gonze Tea (teh bunga kecombrang). Sambal Gonze adalah sambal honje atau sering disebut kecombrang, yang bahan baku kecombrangnya didapat dari kecombrang liar lokal dari hutan Cianjur. Kecombrang sendiri sudah dikenal memiliki zat antioksidan yang tinggi. Wanginya yang khas membuat citarasa sambal kecombrang berbeda dengan jenis sambal lainnya. Untuk sambal kecombrang GONZE, sambalnya dominan sekali dengan citarasa kecombrang, berbeda dengan sambal kecombrang brand lain. Sambal Gonze menggunakan cabe, bawang, dan rempah lainnya dalam keadaan fresh dan segar. Tidak ada tambahan cabe kering sebagai penambah rasa pedas. Sambal Gonze tidak ada level kepedasan. Jika ada perbedaan tingkat kepedasan, murni dari bahan baku cabe yang dipanen di beberapa tempat dan waktu yg berbeda.

 

Kata Kunci: Strategi, Digital Marketing, GONZE

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

KAJIAN STRATEGI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KULINER: TINJAUAN PADA UMKM GONZE CIANJUR JAWA BARAT DI ERA NEW NORMAL. (2022). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Kreatif, 8(1), 16-27. https://doi.org/10.36805/manajemen.v8i1.2961

Most read articles by the same author(s)