PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

  • Destria Amalia Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yudi Firmansyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang
Keywords: PBL, Kemampuan berpikir kritis, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimental Design, dengan desain penelitian berupa nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling jenis simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes soal pernyataan benar/salah berisi 20 soal yang valid dan reliabel. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji T. Hasil penelitian diketahui bahwa uji T yang diperoleh dari Nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 yakni (0,000 < 0,05) atau Thitung > ttabel yakni (8,918 > 1,922). Maka terdapat pengaruh signifikan antara Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Sehingga, Ho ditolak atau Ha diterima. Maka hal ini dinyatakan bahwa hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Sumpah Pemuda dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

References

Endang Sri Wahyuningsih. Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan
Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama. 2020.
Firmansyah, Y., & Susanto, E. (2021). Hasil belajar model discovery learning dalam
peningkatan partisipasi belajar pembelajaran PPKn kelas X SMAN 1
Lemahabang. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1),
145-149.
Published
2024-05-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>