PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MATAKULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KETERAMPILAN INFORMASI, MEDIA DAN TEKNOLOGI PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

  • Yogi Nugraha Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh pembelajaran daring matakuliah pendidikan
kewarganegaraan di Program Studi PPKn FKIP UBP Karawang terhadap keterampilan
Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21. Pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program
studi PPKn FKIP UBP Karawang yang telah megikuti matakuliah pendidikan kewarganegaraan
sebanyak 189 orang mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% mahasiswa yang telah
megikuti mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dari angkatan 2018 sampai dengan angkatan
2020 jumlahnya sebanyak 48 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan antara variabel X (pembelajaran daring matakuliah pendidikan
kewarganegaraan) terhadap variabel Y (keterampilan informasi, media dan teknologi pada
pembelajaran abad 21). Besaran nilai koefisien regresi yaitu 0,861 dan besaran nilai konstanta
adalah 14,579. Maka, persamaan regresi linier dari data tersebut adalah Y = 14,579+0,861X.
Nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 sehingga peneliti menarik kesimpulan bahwa variabel
Pembelajaran Daring Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan (X) berpengaruh terhadap
variabel Keterampilan Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21 (Y).
Pengaruh Pembelajaran Daring Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan terhadap Keterampilan
Informasi, Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21 sebesar 0,353 atau 35,3%
sementara 0,647 atau 64,7% lainya diduga dipengaruhi oleh hal lain diluar regeresi ini.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Kewarganegaraan, Keterampilan Informasi,
Media Dan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21

This study examines the effect of online learning for citizenship education courses in the PPKn
FKIP UBP Karawang Study Program on Information, Media and Technology Skills in 21st
Century Learning. The approach used in this study is a quantitative approach with a survey
method. Collecting data using research questionnaires. The population in this study were
students of the PPKn FKIP UBP Karawang study program who had taken citizenship education
courses as many as 189 students. The sample in this study was 25% of students who had taken
the Citizenship Education course from the 2018 to 2020 batch of 48 students. The results showed
that there was a significant effect between variable X (online learning for citizenship education
courses) on variable Y (Information, Media and Technology skills in 21st Century Learning).
Yogi Nugraha, Tridays Repelita
Vol 7 No 1
ISSN : 2541 - 6995
E ISSN : 2580 - 5517
213 | B u a n a I l m u
The magnitude of the regression coefficient value is 0.861 and the magnitude of the constant
value is 14,579. So, the linear regression equation of the data is Y = 14.579+0.861X. The
significance value is 0.000 <0.05, so the researcher concludes that the online learning variable
for Citizenship Education (X) has an effect on the Information, Media and Technology Skills
variable in 21st Century Learning (Y). The Effect of Online Learning for Citizenship Education
Courses on Information, Media and Technology Skills in 21st Century Learning is 0.353 or
35.3% while 0.647 or 64.7% are thought to be influenced by other things outside this
regression.

Keywords: Online Learning, Citizenship Education, Information Skills, Media and Technology
in 21st Century Learning

Published
2022-11-05
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)