Penggunaan Syair Shalawatan dalam Pendidikan di Mushola Banten: Sebuah Studi Etno Pendidikan

Authors

  • Rusman Zaenal Abidin Program Doktor Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Program Doktor Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ujang Jamaludin Program Doktor Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Suroso Mukli Leksono Program Doktor Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v8i2.7361

Keywords:

syair shalawatan, pendidikan, mushola, studi etno pendidikan, pengembangan kurikulum.

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan syair shalawatan dalam pendidikan di Mushola Banten. Syair shalawatan merupakan sebuah bentuk puisi atau nyanyian yang mengagungkan dan memuji Rasulullah Muhammad SAW. Metode penelitian yang digunakan adalah etno pendidikan, yang melibatkan pengamatan terhadap praktik pendidikan di Mushola Banten serta interaksi dengan peserta didik dan pengajar. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara dengan pengajar dan pemimpin mushola, serta analisis konten syair shalawatan yang digunakan dalam pendidikan.

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)