PEMANFAATAN COMPUTER AIDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR

  • Agus Arifin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Yuyu Yuhana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Maman Fathurrohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Keywords: Computer Assisted Learning, inovatif, sumber belajar

Abstract

Penelitian ini diarahkan untuk mengevaluasi dampak dari penggunaan Computer Assisted Learning (CAL) sebagai alternatif sumber belajar dalam bidang pendidikan. Menggunakan metodologi kuantitatif dan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi keefektifan CAL dalam proses pembelajaran dan mengukur potensi penggunaannya sebagai alternatif sumber belajar. Seiring dengan peningkatan integrasi teknologi dalam pendidikan, CAL menjadi metode inovatif yang memadukan teknologi dalam kurikulum, membawa proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. Penelitian ini melibatkan 25 responden untuk meneliti pengaruh pemanfaatan CAL terhadap motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. Analisisnya mencakup uji validitas dan reliabilitas dengan fokus pada Sikap, Motivasi Belajar, Kemudahan Penggunaan, dan Hasil Belajar. Temuan menunjukkan adanya pengaruh
yang signifikan dari Kemudahan Penggunaan dan Sikap terhadap Motivasi dan Hasil Belajar. Keefektifan model ini dalam menjelaskan variasi pada konstruk tersebut ditandai dengan nilai R-square yang tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa CAL sangat efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan berpotensi menjadi sumber belajar alternatif yang penting, terutama dalam era digitalisasi pendidikan saat ini. Temuan ini merekomendasikan integrasi lebih lanjut dari teknologi seperti CAL dalam kurikulum pendidikan dan pengembangan strategi untuk mengatasi kendala dalam aksesibilitas.

References

Anne Anastasi (1976). Psychological Testing. (Fourth Edition). MacMillan Publishing Co.,
Inc. New York
Bertalanffy, L. (1984). General systems theory. New York: Braziller.
Caihong Xie. Effectiveness of Computer-Aided Technology for Teaching English Courses in
the Internet Era. (2022). Hindawi Scientific Programming.Volume 2022, Article ID
2133028, 9 pages. https://doi.org/10.1155/2022/2133028.
Published
2023-11-29
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)