PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v8i1.6016Keywords:
Pemberdayaan Masyarakat, Upaya Peningkatan Mutu, Pendidikan Anak Usia DiniAbstract
Pemberdayaan masyarakat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah pendekatan yang krusial dalam memastikan perkembangan awal yang optimal bagi anak-anak. Pendidikan anak usia dini memiliki dampak jangka panjang dalam membentuk fondasi perkembangan anak-anak. Pentingnya melibatkan masyarakat dalam pendidikan PAUD, serta peran kunci yang dimainkan oleh orang tua, komunitas, pemerintah, dan lembaga pendidikan dalam mendukung proses ini. Konsep pemberdayaan masyarakat menciptakan kolaborasi yang kuat antara berbagai pihak untuk meningkatkan aksesibilitas, kualitas, dan relevansi PAUD. Ini juga menyoroti dampak positif yang dapat diperoleh ketika masyarakat aktif terlibat dalam pembentukan masa depan pendidikan anak usia dini, menciptakan landasan yang kuat untuk perkembangan holistik anak-anak dan masyarakat secara keseluruhan. Dengan demikian, pemberdayaan masyarakat bukan hanya tentang pendidikan anak usia dini yang lebih baik, tetapi juga tentang investasi dalam masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi generasi yang akan datang.