Penerapan K-Means Clustering untuk Mengelompokkan Pelanggan Berdasarkan Data Penjualan Ayam

Authors

  • Florida Ivonia Manek Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sutan Faisal Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Bayu Priyatna Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/technoxplore.v3i2.820

Keywords:

Clustering, Data Penjualan, K-Means

Abstract

Suatu kegiatan pemasaran yang berhubungan langsung dengan pelanggan disebut dengan penjualan. Topik yang berkaitan dengan penjualan pada penelitian ini adalah penjualan ayam. Hal ini dikarenakan pada umumnya ayam sangat dibutuhkan masyarakat sebagai sumber protein, sehingga dari waktu ke waktu proses penjualan selalu mengalami peningkatan. Sehingga data yang diperoleh perusahaan pun menjadi semakin meningkat. Masalah ini menyebabkan perusahaan sulit dalam menentukan pelanggan untuk dijadikan sebagai pelanggan yang diprioritaskan oleh perusahaan. Penelitian ini membahas penerapan algoritme K-Means untuk mengelompokkan pelanggan sesuai data penjualan ayam. Data diperoleh dari dokumen-dokumen keterangan peternak yang ada pada perusahaan. Data yang ada digunakan untuk mengelompokkan pelanggan sesuai dengan tingkat penjualan terendah, sedang dan tertinggi. Hasil yang diperoleh dari pengolahan data mampu memberikan suatu informasi penting bagi perusahaan untuk mengetahui dan mengelompokkan pelanggan yang harus diprioritaskan.

Author Biographies

  • Florida Ivonia Manek, Universitas Buana Perjuangan Karawang

    Program Studi Teknik Informatika

  • Sutan Faisal, Universitas Buana Perjuangan Karawang

    Program Studi Teknik Informatika

Downloads

Published

2018-10-02