Main Article Content

Abstract

Implementasi Monitoring Log System untuk ketersediaan dan penelusuran data akademik adalah penelitian yang bertujuan untuk mengimplementasikan sistem logging dan monitoring pada sistem informasi akademik sebuah institusi pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan ketersediaan data akademik dan memudahkan penelusuran data dengan sistem logging dan monitoring yang diimplementasikan. Metode yang digunakan adalah pengembangan sistem menggunakan metode Agile atau Waterfall. Peneliti juga menganalisis keefektifan sistem logging dan monitoring yang diimplementasikan dalam meningkatkan ketersediaan dan penelusuran data akademik pada sistem informasi akademik. Penelitian ini memiliki urgensi penting karena ketersediaan dan keamanan data akademik sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Keywords

Software Engineering Logging Data Security

Article Details

References

  1. [1] Technopedia, "Data Logging," 20 12 2016. [Online]. Available: https://www.techopedia.com/definition/596/data-logging.
  2. [2] Z. Ansori, "PELATIHAN PENGENALAN PERANGKAT KERAS DAN PERANGKAT LUNAK KOMPUTER UNTUK SISWA-SISWI SDN 1 DESA BATU TEGI KECAMATAN AIR NANINGAN," 2019.