Evaluasi Faktor Kesuksesan E-Commerce Menggunakan Fuzzy Analytical Hierarchy Proces

Authors

  • Muh Fadli Fauzi Sahlan Universitas Bosowa
  • Abdillah SAS Universitas Bosowa

DOI:

https://doi.org/10.36805/technoxplore.v7i2.2748

Keywords:

E-Commerce, Fuzzy, AHP

Abstract

Abstract— Perdagangan elektronik yang biasa juga disebut e-commerce merupakan salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Indonesia. E-commerce tidak membutuhkan banyak tenaga dan waktu sehingga cocok bagi siapapun untuk memulainya. Indonesia yang merupakan salah satu pengguna internet terbesar di asia tenggara membuat bisnis e-commerce berkembang dengan pesat. Karena berkembang pesatnya e-commerce di indonesia dibutuhkanlah sebuah metode yang mampu untuk menentukan faktor apa saja yang mendukung sebuah e-commerce. Metode analytical hierarchy procces (AHP) dapat digunakan untuk menentukan faktor-faktor sukses tersebut dengan menysusunnya dalam sebuah hirarki. Tetapi dalam AHP proses penilaian bobotnya bersifat mutlak dan tidak toleransi. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode fuzzy untuk dapat mengakomodir penilaian subjektif yang tidak mampu diselesaikan oleh AHP. Dari penggunaan fuzzy AHP dari 7 kriteria yang mendukung faktor kesuksesan e-commerce ternyaata yang berpengaruh paling besar adalah kepercayaan dan pelayanan online.

Downloads

Published

2022-11-07