PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI REGULASI DIRI DAN KONFORMITAS TEMAN SEBAYA

Authors

  • Nur Ainy Sadijah
  • Yulyanti Minarsih
  • Randwitya Ayu Ganis Hemasti
  • Nopa Krisdayanti

DOI:

https://doi.org/10.36805/psychopedia.v10i1.10410

Keywords:

Academic procrastination, self-regulation, peer conformity

Abstract

This research aims to determine the influence of self-regulation and peer conformity on academic procrastination. The population of this research was 360 students at Bina Karya 1 Vocational School, Karawang. The sampling technique was nonprobability sampling using Accidental Sampling of 190 students.  The scale for measuring peer conformity is The Conformity Scale, to measure academic procrastination with the Academic Procrastination Scale (APS), Self-Regulator Questionnaire (SRQ). The data analysis used was multiple regression tests (T test and F test) with SPSS software version 26.0 for Windows. The results show the influence of self-regulation with peer conformity on academic procrastination. The coefficient of determination of peer conformity and time management on academic procrastination is 0.210 or 21%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh regulasi diri dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik. Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Bina Karya 1 Karawang berjumlah 360 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan menggunakan accidental sampling sebanyak 190 siswa.  Skala untuk mengukur konformitas teman sebaya adalah The Conformity Scale, untuk mengukur prokrastinasi akademik dengan Academic Procrastination Scale (APS), untuk mengukur regulasi diri dengan Self-Regulating Queationnaire (SRQ). Analisis data yang digunakan yakni uji regresi berganda (uji T dan uji F) dengan software SPSS versi 26.0 for windows. Hasil menunjukkan ada pengaruh regulasi diri dengan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik. Nilai koefisien determinasi konformitas teman sebaya dan manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik sebesar 0,210 atau 21% .

References

Aisyah, N. S., Rakhmawati, D., & Maulia, D. (2022). Hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 3 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 696-706.

Akerina, J., & Wibowo, D. H. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Journal of Psychology Humanlight, 3(1), 1-14.

Anam, K. (2016). Hubungan antara konformitas dan dukungan orang tua terhadap prokrastinasi akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 117-124.

Apriliani, N., Wicaksono, A. S., & Amelasasih, P. (2022). Pengaruh academic self-management terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMK PGRI 1 Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi, 17(1), 54-63. DOI: http://dx.doi.org/10.30587/psikosains.v17i1.4565

Arianti, A. E., & Kumara, A. R. (2021, August). Pengaruh manajemen waktu terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa BK UAD pada masa pembelajaran daring. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Azwar, S. (2020). Penyusunan skala psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2021). Metode penelitian psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2021). Penyusunan skala psikologi. Edisi 3. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Britton, B. K., & Tesser, A. (1991). Effects of time-management practices on college grades. Journal of educational psychology, 83(3), 405.

Azzahra, R. Q., & Alwi, M. A. (2024). Pengaruh konformitas terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa di Universitas Negeri Makassar. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3).

Cinthia, R. R., & Kustanti, E. R. (2017). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa (Doctoral dissertation, Diponegoro University).

Dayanti, S. F., Netrawati, N., Karneli, Y., & Ardi, Z. (2023). Perbedaan tingkat perilaku prokrastinasi akademik berdasarkan jurusan peserta didik di SMK. PAKAR Pendidikan, 21(2), 1-9.

Delviano, L., Hemasti, R. A. G., & Rahman, P. R. U. (2023). Pengaruh self regulated learning dan konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa sma di sekolah X. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 3(2), 44-49.

Erdianto, A. A., & Dewi, D. K. (2020). Hubungan antara efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI di SMA X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 32-43.

Farah, M., Suharsono, Y., & Prasetyaningrum, S. (2019). Konsep diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 171-183. Azwar, S. (2019). Metode penelitian psikologi. Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasim, F., Rahman, I. K., & Hakiem, H. (2019). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik siswa sman 6 kota bogor. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science, 1(1), 114-121.

Muntazhim, M. A. (2022). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Acta Psychologia, 4(1), 21-28.

Muntazhim, M. A. (2022). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Acta Psychologia, 4(1), 21-28. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/ap.v4i1.47654

Nasution, F., Uyun, M., & Erlita, S. (2021). Konformitas dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Indonesian Journal of Behavioral Studies, 1(2).

Ramadhan, I. Y., Grahani, F. O., & Agustin, A. (2023). Konformitas teman sebaya dengan prokrastinasi akademik pada siswa SMP di Surabaya. Jurnal Psikologi Wijaya Putra (Psikowipa), 4(2), 76-83.

Sari, A. R., & Satwika, Y. W. (2022). Hubungan regulasi diri dengan prokrastinasi siswa di masa pandemi covid-19. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 136-145.

Downloads

Published

2025-06-13