Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi akademik dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang bekerja di daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Bali sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Kuesioner yang digunakan untuk mengukur motivasi berprestasi akademik merupakan adaptasi dari kuesioner milik Anisyah (2013) yang terdiri dari 36 item dengan reliabilitas sebesar 0,935. Sedangkan untuk mengukur prokrastinasi akademik, kuesioner yang digunakan merupakan adaptasi dari kuesioner milik Arianti (2014) yang terdiri dari 29 item dengan reliabilitas sebesar 0,932. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan korelasi Spearman’s Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara motivasi berprestasi akademik dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja. dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,462 pada tingkat signifikansi 0,01. Hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat hubungan motivasi berprestasi akademik dan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang bekerja termasuk dalam kategori sedang. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi Akademik, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa, Bekerja.


The purpose of this study is to understand the relationship between academic achievement motivation and academic procrastination for working students. The samples in this study consist of 98 undergraduate students who work in West Java, DKI Jakarta, and Bali. The data were taken by using two questionnaires. Academic achievement motivation variable measured by using the adaptation of the questionnaire that belongs to Anisyah (2013), which is involving 36 items with 0,935 points of reliability. Academic procrastination variable measured by using the adaptation of the questionnaire that belongs to Arianti (2014), which is involving 29 items with 0,932 points of reliability. This study was using The Spearman’s Rank correlations analysis path. The result of this study shows that, there’s negative relation between academic achievement motivation and academic procrastination for working students with -0,462 points of correlation coefficients. The result of this study also shows that the relation between academic achievement motivation and academic procrastination for working students is rated moderate.

Keywords

Motivasi Berprestasi Akademik, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa, Bekerja.

Article Details

References

  1. Arikunto, S. (2006). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Chu, A. H. C., dan Choi, J. N. (2005). Rethinking Procrastination: Positive Effects of “Active” Procrastination Behavior on Attitudes and Performance. The Journal of Psychology, 145 (3), 245-264
  3. Dudija, N. (2011). Perbedaan Motivasi Menyelesaikan Skripsi antara mahasiswa yang Bekerja dengan Mahasiswa yang Tidak Bekerja. Humanitas, Vol. VIII no. 2, 196-206
  4. Daulay, S. F. & Rola, F. (2009). Perbedaan Self Regulated Learning Antara Mahasiswa yang Bekerja dan yang Tidak Bekerja. Universitas Sumatra Utara. [Online] Tersedia: http://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/wpcontent/uploads/2012/06/jurnal-fastirola.ok_.pdf diakses pada 9 Mei 2015
  5. Ferrari, J. R. (2005). Procrastination and Task Avoidance: Theory, Research, and Treatment. Springer Science & Business Media.
  6. Fyans, L. J. (1980). Achievement Motivation: Recent Trends in Theory and Research. New York: Plenum Press.
  7. Ghufron, M. N., & Risnawita R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: ArRuzz Media.
  8. McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. Mew Jersey: D. Van Nostrand Compani, Inc.
  9. Muliani, E. S. (2013). Perbedaan Motivasi Belajar antara Mahasiswa yang Bekerja dan Tidak Bekerja. Universitas 17 Agustus Samarinda. [Online] Tersedia: http://www.slideshare.net/aezmarnaoved/perbedaan-motivasibelajar-antara-mahasiswa-yang-bekerja-dan-tidak-bekerja-padamahasiswa-universitas diakses pada 9 Mei 2015
  10. Mulyani, I. (2008). Kontribusi Kelelahan Fisik terhadap Motivasi Berprestasi Akademis pada Mahasiswa yang Bekerja. Universitas Gunadarma. [Online] Tersedia: https://www.academia.edu/4692694/ Kontribusi_Kelelahan_Fisik_Terhadap_Motivasi_Berprestasi_Akademis_ Pada_Mahasiswa_Yang_Bekerja diakses pada 9 Mei 2015
  11. Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal PSikologi Universitas Diponegoro Vol.3 No.2, 37-48
  12. Santrock, J. W. (2020). Life-Span Development (17th ed.). New York: McGraw-Hill Education.
  13. Saydam, G. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia : Suatu Pendekatan Mikro. Jakarta: Djambatan.
  14. Seo, Eun Hee. (2013). A Comparison of Active and Passive Procrastination In Relation To Academic Motivation. Social Behavior and Personality, 2013, 41 (5), 777-786.
  15. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  16. Sugiyono. (2018). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta