ANALISIS STRATEGI PEMASARAN AYAM GEPREK “THE CRUNCH†DI KABUPATEN KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v4i1.479Abstract
Abstrak Perkembangan UMKM di Kabupaten Karawang yang terus meningkat merupakan sebuah tantangan dalam ersaingan bisnis. Ayam geprek “The Crunch†yang baru berdiri di tahun 2015 harus menetapkan strategi pemasaran yang tepat agar mampu bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran ayam geprek “The Crunch†di Kabupaten Karawang yang sesuai dengan menggunakan analisis SWOT dengan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari data primer dan sekunder yang berasal dari bisnis ayam geprek “The Crunch†dengan jumlah 30 butir pertanyaan yang mewakili setiap variabel Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities) dan Ancaman (Threat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis ayam geprek “The Crunch†masuk kedalam kuadran I mendukung strategi agresif dengan nilai peluang lingkungan sebesar 0,8 dan kekuatan internal sebesar 1,4 maka strategi yang harus dilakukan adalah penetrasi pasar, pertumbuhan pasar, pengembangan pasar melalui pengembangan dan inovasi produk serta melaksanakan strategi terintegrasi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Faktor Internal-Eksternal, Matrik Internal-EksternalDownloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Alma, B. (2009). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Almani. A Mohammadi dan Esfaghansary. M Ghanbarinejad 2011. Strategic Planing : A Tool for Managing Organitations ini Competitive Environments. Jurnal Islamic Azard University. Rasht. Hermawan, H. (September, 2017). Pengembangan Destinasi Wisata Pada Tingkat Tapak Lahan Dengan Pendekatan Analisis SWOT. Pariwisata, Vol.IV No.2 .
Ikhsan, S. &. (2011). Analisis SWOT untuk Merumuskan Strategi Pengembangan Komoditas Karet di Kabupaten Pulang pisau, Kalimantan Tengah. Jurnal Agribsnis .
Kotler, P. L. (2009). Marketing Management Thirteenthh Edition. Pearson Education.
Kotler, Philip; Armstrong, Garry,2008. Prinsip- prinsip Pemasaran, Jilid 1,. Erlangga, Jakarta. Kotler, Philip dan Keller. 2009.Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1, Jakarta. Kotler Philip, dan Gary Amstrong. 2012. Principles Of Marketing, Global Edition,. 14 Edition, Pearson Education. Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT dalam Menentuka Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang. Jurnal INTEKNA, Tahun XIV, No.2 , 102-209.
Porter,Michael,E.2008. Strategi Bersaing (Competitive strategy).Tanggerang:Karisma publishing group. Rangkuti, F. (2010). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, Freddy, 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama Kompas Building.
Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Standar Usaha Restoran
Badan Pusat Statistik. (2018). Ekonomi Triwulan II Tumbuh 5,27 Persen. Diakses dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/08/06/1521/ekonomi-indonesia-triwulan-ii2018-tumbuh-5-27-persen.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Analisis SWOT, diakses pada 25 Oktober 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).