UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA PRODI MANAJEMEN DI UBP KARAWANG
DOI:
https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.241Abstract
ABSTRAK Upaya menumbuhkan minat berwirausaha dikalangan mahasiswa merupakan salah satu bentuk keberhasilan perguruan tinggi dalam upaya membantu pemerintah untuk mengurangi pengangguran. Kreativitas dan inovasi merupakan modal awal dalam menumbuhkan minat berwirausaha. Tingginya jumlah angkatan kerja menjadi salah satu alasan mengapa pemerintah terus menciptakan program kewirausahaan bagi masyarakat terutama dikalangan mahasiswa. Hal ini tentunya menjadi motivator bagi mahasiswa untuk bias menggali potensi diri dalam berkreativitas dan melakukan inovasi dalam membaca peluang bisnis, sehingga ketika lulusan nanti mereka bukan sibuk untuk mencari pekerjaan tetapi mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang kompetitif. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode survei dengan sampel sebanyak 114 mahasiswa prodi manajemen angkatan 2015 di UBP Karawang. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan melakukan wawancara secara langsung. Program yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan minat berwirausaha mahasiswa khususnya prodi manajemen di UBP Karawang antara lain : (1) tercapainya capaian pembelajaran dalam kurikulum yang berkaitan dengan kewirausahaan berupa penciptaan produk baru hasil karya mahasiswa (2) mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) (3) membuat inkubator bisnis (4) kunjungan industri (5) keanggotaan pada Himpunan Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) (6) partisipasi mahasiswa dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan keilmuan tentang kewirausahaan seperti menjadi panitia Seminar nasional Kewirausahaan, panitia Kuliah Umum Kewirausahaan dan mengikuti berbagai pelatihan kewirausahaan. Kata kunci: menumbuhkan, minat wirausaha, mahasiswa.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Alma, B. 2004. Kewirausahaan. Bandung: CV. Alfabeta.
Djaali. 2009. Pikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Subandono,aris.2007.Pengaruh Pembelajaran Life Skill Diklat Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN1 Semarang.Skripsi Fakultas
Suryana. (2003a). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya Jakarta: Bumi Aksara
Thomas W Zimmerer, Norman M Scarborough, Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil, Salemba empat, 2008.
Pintrich, Paul R & Dale H. Schunk. 1996. Motivation in Education, Theory, Research, and Application. Ohio : Prentice Hall.
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group
Peraturan Menteri negara koperasi dan usaha kecil dan menengah Republik Indonesia Nomor 04/per/m.kukm/ix/2010 Tentang Pedoman program penumbuhan dan pengembangan Sarjana wirausaha
Wahyuni, Endang. 2008. Upaya menumbuh kembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Jurnal AKMENIKA UPY, Volume 2.
Sumber internet :
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).