KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT KAJIAN HADIS

  • Herdian Kertayasa Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aan Hasanah Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bambang Samsul Arifin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: pendidikan, karakter, nilai, akhlak, hadis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan karakter menurut telaah hadis. Pendidikan adalah sebuah aktivitas manusia yang memiliki maksud mengembangkan individu sepenuhnya. Islam merupakan agama yang sangat menekankan pendidikan bagi manusia. Hal itu terbukti dengan adanya banyak hadis dan ayat al-Quran yang menunjukkan tentang pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Kajian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui pendekatan kajian literatur pada hadis tentang pendidikan karakter bertujuan untuk memberikan gambaran secara sistematis telaah konsep dan kajian hadis-hadis Nabi Saw tentang pendidikan karakter dan bagaimana relevansinya di lembaga Pendidikan khususnya pada peserta didik yang sangat penting dalam pengembangan diri dalam menjaga nilai-nilai karakter dan akhlak. Hasil penelitian menunjukkan telaah hadis pendidikan karakter meliputi: Semua orang berilmu harus menjadi teladan bagi orang lain dalam tutur kata dan tingkah lakunya, pembentukan karakter yang didasari keteladanan akan menuai kebaikan bagi dirinya sendiri dan orang lain, kasih sayang dan hubungan harmonis dalam keluarga dapat terbangun sejak masa prenatal, pendidikan aqidah harus dilaksanakan yang pertama kali sebelum pendidikan-pendidikan yang lain,memerintahkan anak untuk salat pada usia tujuh tahun (syari’ah), mempunyai kesadaran beragama dan bermasyarakat dengan amal ma’ruf nahi munkar, sabar merupakan tahapan terakhir yang dilalui peserta didik dalam menjalankan syari’at agama, pendidikan akhlak seperti berbakti kepada orang tua dan menjauhi karakter tercela, dan hendaklah dalam bersikap itu yang sederhana, rendah hati dan tidak sombong. Implikasi dari penelitian ini bahwa karakter sesuai dengan norma Islam dapat mengantarkan keselamatan dan kebahagian bagi siapapun terutama peserta didik sehingga dapat menunjang proses pendidikan menjadikan ilmu yang bermanfaat dan menjadi nilai hidup bagi dirinya dan masyarakat.

References

Bakar, M. A. (1997). Hadits Tarbawi III. Surabaya: Karya Abditama.
Bambang, Q.-A., & Hambali, A. (2008). Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran. Bandung:
Simbiosa Rekatama Media.
Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif edisi kedua. Jakarta: Kencana.
hamid Al Ghazali, A. (n.d.). Ihya’Ulum al-Din. Juz.
Harahap, S. (2011). Metodologi Studi Tokoh Pemikiran Islam. Prenadamedia Group.
Husin, S. A. (n.d.). Al Munawar.(2015). Al Qur‟ an Membangun Tradisi Kesalehan Hakiki,
193–194.
Published
2023-11-21
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)