LANDASAN TEORI PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Karakter merupakan watak dan kepribadian seseorang yang diperoleh dari hasil internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini dan sebagai landasan sebagai cara pandang, berfikir, bersikap dan bertindak. Dalam konteks pendidikan Islam, karakter memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan peserta didik. Pendidikan karakter bertujuan untuk mengembangkan sikap, watak dan karakter peserta didik. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menggambarkan konsep pendidikan karakter secara ideal.
Pendekatan yang digunkana dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif dengan menggunakan studi literature. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa karakter merujuk padasifat, kebiasaan, akhlak atau kepribadian individu yang terbentuk melalui internalisasi berbagai kebijakan yang diyakini menjadi dasar pandangan, pemikiran, sikap dan tindakan. Ada beberapa landasan yang menjadi dasar dalam pendidikan karakter, diantaranya yaitu landasan ontology, epistemology dan aksiologi. Pendidikan karakter ini perlu ditanamkan
kepada peserta didik sejak dini dan dilakukan secara berkesinambungan, mulai dari lingkunagn keluaraga, sekolah hingga masyarakat luas.
References
Muslim. Rosdakarya.
Arifin, B. S. (2018). Membangun Karakter Pada Anak Usia Prasekolah. Psympathic: Jurnal
Ilmiah Psikologi, 1(1), 15–24. https://doi.org/10.15575/psy.v1i1.2163
Asmani, J. (n.d.). Ma’mur. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Di
Sekolah. Budiyanto, M. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ombak