MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN MELALUI METODE UMMI DALAM MEMBENTUK PRIBADI QUR’ANI

Authors

  • Husen Ali Badri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i2.5367

Keywords:

Pembelajaran Tahfizh, Metode Ummi, Sekolah Islam Terpadu, Boarding School

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendeskripiskan tentang manajemen
pembelajaran tahfizh al-Qur’an dengan metode ummi dalam membentuk pribadi qur’ani di SMP
IT Al-Ukhuwah Boarding School Pagaden Kabupaten Subang. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan
pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, yang menyajikan data, menganalisi
dan menginterpretasi. Dalam hal ini peneliti menelaah dari buku-buku tentang manajemen
pembelajaran tahfizh al-Qur’an, metode Ummi, kurikulum sekolah Islam terpadu dan materi
tentang pembentukkan pribadi qur’ani, lalu menganalisis kemudian mendeskripsikannya. Selain
itu, penulis juga melakukan observasi dan wawancara dengan seluruh stakeholder dan peserta
didik yang ada di SMP IT Al-Ukhuwah Boarding School Pagaden Subang

Additional Files

Published

2023-05-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)