PENDEKATAN LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI PEMBOROSAN WAKTU LAYANAN SERVICE MOBIL DENGAN METODE VALUE STREAM MAPPING (VSM)
Abstract
Dampak dari penjualan mobil di Indonesia yang semakin meningkat, menyebabkan bengkel-bengkel
mobil semakin bertambah. karana para pengguna mobil banyak yang ingin melakukan perawatan
mobil agar lebih efesien dan nyaman, baik service ringan maupun sampai service berat. Konsep lean
masih dipakai sebatas pada industri manufaktur sedangkan untuk pelayanan jasa service mobil
masih sedikit. Tujuan dari penelitian ini adalah pendekatan lean Service untuk mengurangi
pemborosan dan usulan perbaikan pada layanan service Mobil pada PT. Karisma Sejahtera
Bojonegoro menggunakan metode Value Stream Mapping (VSM). Hasil dari penelitian menunjukkan
penyebab dominan yang terjadi pada proses service terhadap tingginya waktu perawatan
disebabkan faktor manusia,bahan,metode dan lingkungan.Setelah dilakukan uji coba tehadap usulan
perbaikan yang diusulkan melalui analisis 5W+1H menunjukan adanya penurunan leadtime total.
References
Perusahaan Konstruksi.
Benedikta, A.O. and Sukarno, I. (2020) ‘Evaluasi Proses Pengadaan Barang Menggunakan
Metode Value Stream Mapping pada Perusahaan Minyak dan Gas’, Jurnal Logistik
Indonesia, 4(1), pp. 20–31. Available at: https://doi.org/10.31334/logistik.v4i1.870.
Dharmawansyah, I. et al. (2013) Management Analysis Journal Pengaruh Experiential
Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada
Rumah Makan Pring Asri Bumiayu), Management Analysis Journal. Dipublikasikan.
Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj