SISTEM INFORMASI UMKM PADA WEBSITE DESA
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3490Abstract
Permasalahan yang dihadapi masa sekarang ini adalah masih kurangnya pemahaman, pengaplikasian tekonologi didunia nyata dengan baik, efisien, dan maksimal khusus nya disini terkait Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) yang blm banyak tersaji dengan system informasi berbasis website, karena kemungkinan belum pernah ada yang membantu untuk pengembangan. Tujuan dari penelitian ini adalah miningkatkan sistem perekonomian lokal Desa, dan hal ini juga dapat memberikan pengaruh pada perkembangan Desa serta taraf kesejahteraan masyarakat Desa dari UMKM yang system informasinya berbasis web agar tersampaikan secara luas baik lokal dan Dunia. jenis kualitatif, dimana objeknya adalah masyarakat dan para aparatur Desa Segarjaya, Prosedur penelitian menggunakan observasi dan survey, hal ini merupak metode penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah telah dibuat penambahan fitur-fitur untuk promosi dan pemasarsn produk-produk UMKM yaitu dodol, dan terasi.Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa aparatur Desa sebagai pengelola website pengelola web sangat terbantu dan masyaraktat sebagai user sangat terbantu dalam hal dari informasi yang sistematis, masyarakat dapat mengenal produk Desa Segarjaya yang unik sampai minat, begitu juga pelaku usaha menjadi mudah memasarkan dan mempromosikan produk UMKM nya ke masyarakat lokal, bahkan dunia.
Kata kunci: Desa Segarjaya, Produk, Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), Website
The problem faced today is that there is still a lack of understanding, and application of technology in the real world properly, efficiently, and optimally, especially here related to Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) which BLM many presents with website-based information systems, because it is likely never been anything to help for development. The purpose of this study is to improve the local economic system of the village, and this can also influence the development of the village and the level of welfare of the village community from MSMEs whose information systems are web-based to be widely conveyed both locally and globally. qualitative type, where the object is the community and the apparatus of Segarjaya Village, The research procedure uses observation and surveys, this is the method of this research. The result of this research is that additional features have been made for the promotion and marketing of MSME products, namely dodol, and shrimp paste. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the Village apparatus as the manager of the web management website is very helpful and the community as users is greatly helped in terms of systematic information, the community can get to know the unique Segarjaya Village products to interests, as well as business actors become easy to market and promote their MSME products to the local community, even the world.
Keywords: Segarjaya Village, Products, Micro, Small, Medium Enterprises (MSMEs), Website