PENERAPAN MODEL PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD

  • Suci Setiarani SD Negeri Rawa
  • Yayan Alpian Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas
III SD Negeri Rawa, hal tersebut disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang berpusat kepada guru
sehingga siswa pasif selama kegiatan pembelajaran. Hal tersebut membuat siswa merasa jenuh dan tidak
dapat menerima pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model
Problem Based Learning (PBL). Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif
dengan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini terdiri dari terdiri dari 4 tahapan,
yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dengan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah 24
siswa di kelas III SD Negeri Rawa. Model Problem Based Learning (PBL) meningkatkan hasil belajar
siswa, hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar siswa pada masa pra tindakan, siklus I dan
siklus II mengalami peningkatan yaitu 50,63, 60,83 dan 76,25, dan naiknya grafik ketuntasan belajar
siswa, pada pra tindakan 29% dengan kategori kurang sekali, siklus I 66% dengan kategori cukup dan
siklus II 88% dengan kategori sangat baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model
Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika
di kelas III SD Negeri Rawa.
Kata Kunci: PBL, Hasil Belajar, Matematika

Published
2022-12-10
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>