PENERAPAN KETERAMPILAN PROSES IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3082Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan di kelas VA SD Negeri Melong Asih 4 yang menunjukkan
peserta didik memiliki hasil belajar yang rendah dalam mata pelajaran IPS. Tujuan dari penelitian ini adalah
mendeskripsikan penerapan keterampilan proses IPS untuk meningkatkan hasil belajar IPS kelas 5. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 4 siklus dengan satu
pembelajaran di setiap siklusnya sesuai alur PTK model Kurt Lewin. Setiap siklus terdiri atas perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas 5A di SD Negeri
Melong Asih 4 Kota Cimahi sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
keterampilan proses IPS di kelas 5 dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas 5 SD. Peningkatan hasil
belajar dapat terlihat dari evaluasi pada setiap pembelajaran. Pada tahap pra siklus, peserta didik yang tuntas
mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 26,7%. Pada siklus pertama, persentase
peserta didik yang mencapai nilai KKM mulai menunjukkan peningkatan menjadi 40%. Pada siklus kedua,
pencapaian nilai KKM meningkat lagi menjadi 66,67%. Pada siklus ketiga, pencapaian nilai KKM sebesar
80% dan pada siklus keempat mencapai ketuntasan 100%. Proses pembelajaran yang mendorong peserta
didik membangun pengetahuannya sendiri melalui keterampilan proses memberikan pengalaman bermakna
dan memotivasi peserta didik untuk belajar.
Kata Kunci : IPS, Keterampilan Proses, Hasil Belajar