PENERAPAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI PERKALIAN DUA BILANGAN CACAH SISWA DI KELAS III SDN 4 GUNUNGTANJUNG
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3084Abstract
Matematika masih dianggap pembelaajran yang sulit bagi siswa sekolah dasar, sehingga siswa
tidak menyukai pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
penerapan metode Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi perkalian
dua bilangan cacah siswa di kelas III SD Negeri 4 Gunungtanjung. Penelitian ini menggunakan
metode pendekatan tindakan kelas dimana prosedur pelaksanaan tindakan kelas merupakan suatu
siklus yang terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan
tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas
III SD Negeri 4 Gunungtanjung yang berjumlah 18 siswa. Lalu teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini, menggunakan lembar observasi dan tes. Adapun hasil penelitian dengan
menggunakan metode inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi
perkalian dua bilangan cacah siswa di kelas III SD Negeri 4 Gunungtanjung pada Prasiklus
sebesar 38,89% dengan rata-rata 59,72, pada siklus I sebesar 61,11% dengan rata-rata 69,17, dan
pada siklus II sebesar 83,33% dengan rata-rata 86,67 meningkat secara signifikan. Adapun saran
dari penelitian ini adalah agar proses belajar mengajar Matematika lebih efektif dan lebih
memberikan hasil yang optimal bagi siswa, maka agar mendapat hasil yang maksimal,
pembelajaran harus dipersiapkan dengan baik, baik itu penggunaan metode pembelajaran
maupun penggunaan media pembelajaran.
Kata kunci: Metode Inkuiri, perkalian dua bilangan cacah, hasil belajar matematika