ANALISIS KOMPARASI PREFERENSI KONSUMEN PADA CITA RASA KOPI KAPAL API DAN KOFFIE

Authors

  • Iqbal Fauzi Akbar Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Netti Nurlenawatti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Flora Patricia Anggela Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen yang terdiri dari mahasiswa
Program Studi Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang pada cita rasa Koffie
Hideung yang dibandingkan dengan Kopi Kapal Api varian Premium. Metode Penelitian ini
adalah studi komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling, yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen penikmat kopi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (uji) cita rasa berdasarkan preferensi
responden. Metode penilaian cita rasa menggunakan standar SCAA (Specialty Coffee
Association of America). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koffie Hideung lebih disukai
oleh para penikmat kopi dalam indikator aroma sebelum diseduh, aroma sesudah diseduh,
aroma yang khas, dan after taste Sedangkan pada indikator lainnya tidak ada perbedaan yang
signifikan

Kata Kunci : preferensi konsumen, cita rasa, komparasi

Downloads

Published

2022-11-04

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)