ANALISIS KOMPARASI PREFERENSI KONSUMEN PADA CITA RASA KOPI KAPAL API DAN KOFFIE
DOI:
https://doi.org/10.36805/bi.v7i1.3025Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis preferensi konsumen yang terdiri dari mahasiswa
Program Studi Manajemen Universitas Buana Perjuangan Karawang pada cita rasa Koffie
Hideung yang dibandingkan dengan Kopi Kapal Api varian Premium. Metode Penelitian ini
adalah studi komparasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling, yaitu mahasiswa Program Studi Manajemen penikmat kopi.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (uji) cita rasa berdasarkan preferensi
responden. Metode penilaian cita rasa menggunakan standar SCAA (Specialty Coffee
Association of America). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koffie Hideung lebih disukai
oleh para penikmat kopi dalam indikator aroma sebelum diseduh, aroma sesudah diseduh,
aroma yang khas, dan after taste Sedangkan pada indikator lainnya tidak ada perbedaan yang
signifikan
Kata Kunci : preferensi konsumen, cita rasa, komparasi