PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MINI-BOOK BERBASIS FABEL TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36805/07hjk806Keywords:
media pembelajaran mini-book, membaca permulaan, fabelAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini berangkat dari rendahnya kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II di SDN Kertasari 1, yang ditandai dengan masih banyaknya siswa yang mengalami kesulitan dalam mengenali huruf, mengeja, dan memahami bacaan sederhana. Kondisi ini menunjukkan perlunya inovasi dalam media dan metode pembelajaran yang dapat menarik minat siswa serta meningkatkan kemampuan dasar membaca. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran mini-book berbasis fabel terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II di SDN Kertasari 1 tahun pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca permulaan setelah penerapan media mini-book berbasis fabel. Nilai ratarata pretest siswa sebesar 52,05 meningkat menjadi 72,73 pada posttest. Uji hipotesis menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan dari penggunaan media mini-book berbasis fabel terhadap kemampuan membaca permulaan siswa. Temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan metode pembelajaran membaca yang lebih efektif di tingkat Sekolah Dasar.References
Agustin, Y., & Prawiyogi, A. G. (2023). Mengidentifikasi Tagihan Pembayaran Pajak Bumi
Dan Bangunan (Pbb) Melalui Online Di Desa Jomin Barat. Abdima Jurnal Pengabdian
Mahasiswa, 2(2), 5006-5012.
Amelia Rizky Idhartono. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak.
Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96.
https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150
Amin, N. F. (2021). Populasi dan Sampel. In Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif (Vol.
14, Issue 1).
Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan.
(2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–
294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993
Anwar, M., Fathuloh, R., Saputro, W. E., Widyasari, C., & Surakarta, U. M. (2024). Jurnal
Pengembangan dan Penelitian Pendidikan. 06(3), 77–85.
Bayinah, Supardi, & Mastoah, I. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan
Dengan Menggunakan Media Mini Book (Ptk Di Kelas V Sdn Pontang 2) Efforts To
Improve Essay Writing Skills Using Mini Book Media (PTK In Class V SDN Pontang
2). Jurnal Kependidikan Dasar, 8(2), 149–160.
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi.
Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114.
Hadiana, L. H., Hadad, S. M., & Marlina, I. (2018). 3 1,2,3. Didaktik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IV(2), 212–242.
Halla, N. (2020). Analisis Pesan Moral Dalam Cerita Fabel Dan Peranannya Dalam Pendidikan
Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 2(05), 78–85.
Hapsari, E. D. (2019). Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan
Membaca Siswa. AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24.
https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Harianto, E. (2020). “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa.” Jurnal Didaktika,
9(1), 2. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.2
Haterah, H. (2019). GLS (Gerakan Literasi Sekolah) Melalui Pengadaan Perpustakaan Mini Di
SDN-8 Madurejo. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 4(2), 44–49.
https://doi.org/10.33084/bitnet.v4i2.1056
Ii, B. A. B., & Kemampuan, A. P. (2015). (2015: 445). 11–86.
Ii, B. A. B., & Permulaan, D. M. (2018). S_PAUD_1205898_Chapter2. 9–21.
Intang, B., Nadrah, & Nur, A. M. (2024). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Terhadap
Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD. Jurnal Sosial Humaniora Dan
Pendidikan, 3(1), 97–105. https://doi.org/10.55606/inovasi.v3i1.2625
Islam, U., Sultan, N., & Kasim, S. (2021). Pekanbaru 1442 h. / 2021 m.
Jamaludin, U., Setiawan, S., Oktadri Yanti Putri, D., Mutia Yunita, S., & Afrizal, M. (2023).
Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar.
Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 3164–3170.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1185
Khadijah, siti saroh, Dantoro, & Destrinelli. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Pemula
Pada SIswa Sekolah Dasar Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, Volume. Jurnal
Pendidikan Tematik, 8(2), 101–109.
Kusmayanti, S. (2019). Membaca Permulaan Dengan Metode Multisensori. Jurnal Pendidikan
Universitas Garut, 13(01), 222–227.
Nugraha, E. S., Alpian, Y., & Prawiyogi, A. G. (2024). ANALISIS KEBIJAKAN
PENERAPAN PENCEGAHAN ANTI BULLYING DI SEKOLAH DASAR. Pendas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 4585-4594.
Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling, 4(20), 1349–1358.
Pentianasari, S., & Wahyuni, H. I. (2024). Analisis Penggunaan Media Mini Book untuk
Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Peserta Didik di Sekolah Dasar.
Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 24(1), 47–56.
Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri
Wahyuni Sitepu, T. (2020). 済無No Title No Title No Title. Journal GEEJ, 7(2), 12–50.
Prawiyogi, A. G., Sa’diah, T. L., Safarandes, A., & Nurjanah, Q. (2022). Pengaruh Metode
Suku Kata terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anggy Giri Prawiyogi 1 , Tia
Latifatu Sa’diah 2 , Andes Safarandes 3 , Qori Nurjanah 4 . Jurnal Basicedu, 6(5),
9223–9229. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.1437
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media
Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, A., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektivitas
pembelajaran jarak jauh terhadap pembelajaran siswa di SDIT Cendekia Purwakarta.
Jurnal pendidikan dasar, 11(1), 94-101.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media
big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1),
446-452.
Prawiyogi, A. G., & Anwar, A. S. (2023). Perkembangan Internet of Things (IoT) pada Sektor
Energi: Sistematik Literatur Review. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan
Teknologi Informasi, 1(2), 187-197.
Prawiyogi, A. G., & Toyibah, R. A. (2020). Strategi peningkatan kompetensi mahasiswa
melalui model sertifikasi kompetensi. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 1(1), 78-
86.
Prawiyogi, A. G., & Suparman, T. (2024). Meningkatkan Kesadaran Anak dalam Menerapkan
Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Virus Covid-19. Sivitas: Jurnal Pengabdian dan
Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 63-66.
Prawiyogi, A. G., Rahman, R., Sastromiharjo, A., Anwar, A. S., & Suparman, T. (2023). The
Implementation of Local Wisdom-Themed Poetry Musicalization Model and Its
Influence on Elementary Students’ Poetry Writing and Reading Skills. AL-ISHLAH:
Jurnal Pendidikan, 15(2), 1780-1788.
Putri, I. Y. L., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca
Permulaan Melalui media Reading Spinner dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 495–500.
https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.934
Putri, N. F., Kohar, F., & Riyadi, R. (2018). Pengembangan Media Mini Book Pada Materi
Kerjasama Ekonomi Internasional Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kota Sungai
Penuh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 107–113.
Rahmat, S. T. (2018). Pendidikan Yang Merata Dan Berkualitas. IJECES (Early Childhood
Education Journal of Indonesia), 1(2), 7–12.
Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Model
Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). SocialHumanities, and Educational Studies (SHEs), 3(3), 2234.
Setyadhani, R. L., Pamadhi, H., & Wulandari, R. (2015). Peningkatan kemampuan membaca
permulaan melalui media kartu kata bergambar di kelas B TK ABA Gedongkiwo
Mantrijeron Yogyakarta. Journal, 1–10.
Situmorang, P., Devianty, R., & Syaifullah, M. (2024). Pengembangan Media Mini Book untuk
Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas
V. 2(6).
Syifa Faujiah, L. I. M. & M. U. (2021). Upaya meningkatkan kemampuan membaca permulaan
dengan menggunakan media kartu kata pada pelajaran bahasa indonesia. Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 165–169.
Tarigan, K. B. (2022). Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 060938 Kec . Medan
Johor Analysis of Inhibiting Factor S of Beginning Reading Skills in First Grade Sd
Negeri 060938 Medan Johor District Academic Year 2021 / 2022. Prosiding Seminar
Nasional, 1(1), 1–11.
Titin, T., Yuniarti, A., Shalihat, A. P., Amanda, D., Ramadhini, I. L., & Virnanda, V. (2023).
Memahami Media Untuk Efektifitas Pembelajaran. JUTECH : Journal Education and
Technology, 4(2), 111–123. https://doi.org/10.31932/jutech.v4i2.2907
Wahyudi, L. E., Mulyana, A., Dhiaz, A., Ghandari, D., Putra Dinata, Z., Fitoriq, M., & Hasyim,
M. N. (2022). Mengukur kualitas pendidikan di Indonesia. Ma’arif Journal of
Education, Madrasah Innovation and Aswaja Studies, 1(1), 18–22.
https://doi.org/10.69966/mjemias.v1i1.3
Yusuf, N., Setyawan, H., Immawati, S., Santoso, G., & Usman, M. (2022). gembangan Media
Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta
Didik Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8314–8330.